Anggota Ditlantas Polda Kalsel menegur pengendara tak menggunakan masker. (ANTARA)

BANJARMASIN, (SUARABARU.ID) – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan berupaya menegakkan disiplin protokol kesehatan untuk para pengguna jalan dengan sasaran pengendara tak pakai masker.

“Jadi, polantas di lapangan, saya perintahkan disiplinkan pengendara tak pakai masker baik roda dua maupun roda empat,” terang Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Andi Azis Nizar di Banjarmasin, Jumat.

Diakui dia, saat ini kesadaran penggunaan masker untuk pengendara masih terbilang rendah. Untuk itulah, pihaknya siap meningkatkan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan tersebut.

Menurut Andi, penggunaan masker tidak memandang waktu dan tempat. Sehingga ketika di atas kendaraannya diharapkan masyarakat memakainya.

Dia mencontohkan untuk kendaraan roda empat, jika penumpangnya lebih dari satu orang maka rentan penyebaran COVID-19 dari satu ke lainnya.

“Masker sangat berguna melindungi diri kita dari paparan COVID-19 yang kini dimana saja bisa terjadi penularannya. Apalagi hasil penelitian virus ini dapat terbang di udara dalam kurun waktu cukup lama dan bisa terhirup oleh manusia,” tandasnya.

Ditlantas Polda Kalsel sendiri tergabung dalam Tim Penegak Disiplin Kesehatan (Pedas) yang bertugas dalam Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan.

Tim Pedas yang terdiri Direktorat Lalu Lintas dan Samapta membackup pasukan di 13 Polres jajaran melakukan razia protokol kesehatan dengan tiga sasaran utama yaitu orang, tempat dan kegiatan.

Ant-Wahyu

-->