blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Peningkatan gizi  anak pada masa tumbuh kembang  menjadi isu penting pada saat ini. Faktor inilah yang menjadi salah satu alasan pentingnya memunculkan keanekaragaman menu ikan yang  memiliki kandungan gizi yang sangat baik, terutama bagi tumbuh kembang anak-anak. Harapannya anak   terhindar dari stunting atau kondisi gagal pertumbuhan,  baik tubuh maupun otak.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jepara, Hesti Nugroho saat berlangsung lomba memasak ikan di Pendopo R.A. Kartini Jepara, Rabu (23/9/2020). Kegiatan ini diikuti  16 kelompok Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan se Kabupaten Jepara.

blank
Peserta lomba masak yanjg berlangsung siang tadi

Peserta masing-masing kelompok terdiri dari dua ibu-ibu perwakilan setiap kecamatan. Tiap tim memasak tiga menu andalan, yaitu menu keluarga yang bahan bakunya dari lele, menu balita, dan kudapan.

Lebih jauh Hesti Nugroho menjelaskan, dengan keanekaragaman menu masakan ikan ini diharapkan terciptanya peningkatan budaya makan ikan di masyarakat. “Disamping itu peningkatan gizi melalui gerakan 1.000 hari pertama kehidupan anak sangat penting untuk memastikan kecukupan gizi anak ,” ujar Hesti Nugroho yang juga menjadi Ketua  Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jepara.

Sebelumnya Bupati Jepara  Dian Kristiandi berkesempatan membuka secara langsung lomba masak ikan itu. Pembukaan ditandai dengan penyematan apron atau celemek masak bagi perwakilan peserta. Penyematan dimulai oleh Bupati Jepara, lalu Ketua TP-PKK kabupaten.

Dalam sambutanya, Bupati Jepara mengungkapkan, kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sangat penting untuk mendukung  program pencegahan kontet. “Kegiatan ini akan terus kita gelorakan sehingga warga masyarakat Kabupaten Jepara gemar makan ikan. Dari produk-produk olahan ini juga dapat memberikan manfaat bagi para nelayan kita,” ujar Dian Kristiandi.

Sementara penilain diberikan oleh dewan juri  mulai dari segi kreativitas, penyajian, cita rasa, higienis dan aman dikonsumsi. Setelah dinilai pemenang lomba masak ikan tingkat Kabupaten Jepara, juara pertama diraih TP-PKK Kecamatan Mlonggo; juara kedua TP-PKK Kecamatan Tahunan; dan juara ketiga diperoleh TP-PKK Kecataman Mayong. Kemudian peringakat berikutnya secara berurutan, TP-PKK Kecamatan Nalumsari, Keling, dan Kedung.

Untuk diketahui dalam lomba serupa ditingkat Provinsi tahun kemarin, TP-PKK Jepara berhasil menyabet juara kedua kategori menu keluarga, balita, dan kudapan. Ajang tersebut bertempat di Pendopo Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang. Sementara pada November mendatang, TP-PKK Kecamatan Kembang berkesempatan maju ke tingkat Provinsi dalam lomba masak beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Hadepe