blank
Panen Raya Lele Program Padat Karya Polda Peduli Pekerja Terdampak Covid-19 di Jepara oleh Wadir Intelkam Polda Jateng dan Kapolres Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ketika  virus corona mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat, utamanya  pekerja  yang harus dirumahkan atau dikurangi jam kerjanya, Kapolda Jawa tengah meluncurkan Program Padat Karya Peduli Buruh Terdampak Covid-19.

Tujuannya agar para pekerja terdampak memiliki inovasi dan kreatifitas untuk mengembangkan usaha ekonomi yang produktif.

blank
Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto

Bantuan diberikan dalam bentuk bibit ikan lele dan pendampingan  usaha budidaya terhadap kelompok serikat pekerja di Ungaran, Gunungpati, Pedurungan dan Jepara. Untuk Jepara bantuan diberikan kepada Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Jumlah bantuan  masing-masing kelompok adalah 17.000 ekor bibit. Bantuan diserahkan oleh Kapolda Jateng pada bulan Juni 2020 di Ungaran.

“Namun dari kelompok serikat pekerja yang  menerima bantuan, hanya Jepara yang dapat berkembang dengan baik. Hasil panen diperkirakan mencapai 2,4 ton lele siap dikonsumsi” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah  Serikat Pekerja Nasional Provinsi Jawa tengah, Sutarjo saat menyampaikan laporan pada panen raya lele bantuan Kapolda Jateng di Desa Gedangan, Welahan Jepara  Rabu 23/9-2020. Bahkan kemudian dikembangkan dengan budidaya ikan nila dan pembuatan roti.

Panen Raya tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng yang diwakili oleh Wadir Intelkam Polda Jateng AKBP Priyanto Priyo Hutomo, SIK, MH. Hadir  juga   Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH, Forkopimcam Welahan, Dinas Perikanan serta perwakilan buruh.

blank
Mencicipi toti yang dibuat oleh para pekerja yang juga enak rasanya.

Panen raya dilakukan  secara simbolis oleh Wadir Intelkam, Kapolres Jepara dan Camat Welahan Sundari.

Karena keberhasilan para pekerja Jepara dalam mengelola budidaya lele ini, Wadir Intelkam Priyanto Priyo Hutomo akan mengusulan kepada Kapolda Jateng agar Jepara  menjadi model percontohan bagi daerah lain.

“Program padat karya berupa bantuan  lele dan pendampingan usaha  ini menunjukkan bahwa Polda Jateng tidak hanya fokus pada tugas utamanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,tetapi juga peduli terhadap pekerja terdampak covid-19,” ujarnya.

Ia berharap, kerjasama antara Polda Jateng dengan para pekerja di berbagai daerah, termasuk Jepara dapat terus dikembangkan. “Kerjasama seperti ini menjadi salah satu kunci Polda Jateng dalam menjaga kondusifitas daerah. Alhamdulilah, Polda Jateng dan juga Jepara termasuk daerah yang kondusif,” ujar    Priyanto Priyo Hutomo kepada wartawan seusai panen raya.

blank
Pekerja sebuah pabrik di Jepara yang juga trampil membuat roti.

Sementara itu Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto saat diminta tanggapannya terkait dengan program padat karya bantuan Polda Jateng  memberikan apresiasi kepada para pekerja  yang telah berhasil mengembangkan usahanya.

“Roti yang berhasil dibuat oleh para pekerja juga rasanya enak,” ujarnya kepada SUARABARU.ID seusai mencicipi roti buatan pekerja.

Inovasi dan kreatifitas para pekerja dengan membuka usaha berskala rumahan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menambah pemasukan keluarga ditengah pandemi. “Harapan kami usaha semacam ini bisa menjadi contoh bagi pekerja yang lain,” ujar Nugroho Tri Nuryanto.

Hadepe