blank
Atase Pertanian (Attani) KBRI Washington DC Amerika Serikat menerima kiriman Jamu Rumpun Padi dari Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Jamu Rumpun Padi produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Berdikari Wonosobo, berupa minuman rempah (herbal drink) jahe merah (red ginger), kunyit (turmeric), temu lawak (curcuma xanthorrhiza) dan kencur (kaempferia galangal) diikutkan pameran di 4 negara di luar negeri.

Ketua KWT Berdikari Wonosobo Sudaryati, Selasa (22/9), mengatakan sejumlah empat negara, yakni Brusel Belgia, Roma Italia, Whashington DC Amerika Serikat dan Jepang, baru saja menerima kiriman jamu tradisional yang sangat baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh itu.

“Jepang, Roma, Brusel masing-masing telah dikirim 4 karton. Sedang Whashington DC 7 karton. Saat ini kiriman sudah sampai negara tujuan. Pengiriman dari Indonesia sampai ke lokasi pemesanan butuh waktu kurang lebih satu minggu,” kata pensiunan ASN Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Wonosobo itu.

Menurut Daryati, satu karton berisi 60 dus (box). Satu box berisi 10 sashet minunan herbal siap seduh. Jamu tradisional alami ini bisa langsung dinikmati konsumen dengan cara diseduh pakai air panas di gelas atau cangkir.

Tangkal Corona

blank
Ketua KWT Berdikari Wonosobo, Sudaryati. Foto : SB/Muharno Zarka

Daryati menyebut, Jamu Rumpun Padi produksinya diyakini bisa menangkal aneka jenis virus, termasuk virus Corona (Covid-19), yang menyerang tubuh seseorang. Karena jika dikonsumsi rutin, herbal drink ini, dapat menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

“Soal khasiat minuman rempah ini, pernah diteliti Prof Dr Choirul Anwar Nidzom MA, dosen dan peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Jawa Timur. Jadi sudah ada penelitian ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkanmenyangkut manfaat minuman alami ini,” jelasnya.

Menurut Daryati, sebelum dikirim ke 4 negara di atas, terlebih dahulu mengirim Jamu Rumpun Padi ke Suriname dan Belanda. Pasar luar negeri meminati minuman alami ini, karena konsumen di sana sudah merasakan khasiat jamu yang dibuat tanpa zat pengawet tersebut.

“Minuman Jahe Merah dirasakan bisa menghangatkan badan, meningkatkan stamina tubuh dan vitalitas, mengatasi radang tenggorokan. Temulawak mampu menurunkan kolesterol. Kunyit menyembuhkan tifus dan mencegah anemia. Sedang Kencur Plus dapat mengatasi asma, rematik dan migrain,” jelasnya.

Muharno Zarka-Wahyu