Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons menyerahkan SK pembukaan program studi program sarjana pariwisata USM kepada Rektor USM Andy Kridasusila SE MM disaksikan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdullah Kelib SH

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) membuka Program Studi Pariwisata Program Sarjana dengan berdasarkan Surat Keputusan Kemendikbud No. 852/M/2020 tetang ijin pembukaan Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Universitas Semarang yang diselenggarakan oleh Yayasan Alumni Undip.

SK Program Studi Pariwisata Program Sarjana diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons kepada Rektor USM Andy Kridasusila SE MM disaksikan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdullah Kelib SH.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus Yayasan Alumni Undip Ir H Soeharsojo IPU, Prof Dr Ir V Priyo Bintoro, Eddy Djoko Pramono SH MH MT serta pejabat struktural USM dan Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr H Muladi SH secara virtual.

Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan bahwa mengapa USM mengajukan program studi pariwisata karena negara-negara maju banyak ditopang industri pariwisata.

“Kami berharap dengan adanya SK Program Studi Pariwisata Program Sarjana ini USM bisa bergerak lebih maju dan memudahkan langkah untuk mencerdaskan anak bangsa” ungkap Andy.

“Kurikulum pada Program Studi Pariwisata Program Sarjana ini berbasi IT dan sudah disesuaikan dengan kurikulum kampus merdeka merdeka belajar dengan konsentrasi destinasi pariwisata dan hospitality perhotelan” tambahnya.

Sementara Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr H Muladi SH mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Kepala LLDIKTI VI yang telah membantu dan memfasilitasi proses ini.

“Semoga dengan penambahan program studi ini menambah kredit poin USM dalam rangka peningkatan akreditasi kelembagaan USM dimasa yang akan datang” ungkap Muladi

“Kita yakin bahwa kondisi pasca pandemi covid-19 akan kembali meningkatkan performa industri pariwsata seperti sebelum pendemi dimana pariwisata merupakan salah sektor unggulan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi” ungkapnya.

Muladi menambahkan bahwa bahwa ahli mengatakan dengan revolusi industri 4.0 dapat dijadikan alat untuk meningkatkan kontribusi industri pariwiasata kedepan, pariwisata memiliki peran penting dalam ekonomi karena idustri ini menyediakan berbagai jenis lapangan pekerjaan.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons dalam sambutannya mengatakan belum banyak Program Studi Pariwisata Program Sarjana karena selama ini masih banyak yang program diploma.

“Pendirian program studi baru ini sebelumnya diawali beberapa kali Forum Group Discussion (FGD) bersama stakeholder baik industri pariwisata, pakar dan lain-lain sebelum diusulkan dan USM sebelumnya juga sudah menjalin kerja sama dengan Hotel Dafam” ungkap Prof DYP Sugiharto.

“Program studi ini kami harapkan sudah didesain dengan kurikulum merdeka belajar, dan harapan kami program studi ini bisa memberikan konstribusi bagi Pememrintah Provinsi Jateng, karena selama ini manajemen pariwisata belum semuanya dikelola secara modern sehingga peluangnya sangat besar” tambahnya.

Saiful Hadi-USM

-->