Ketua DPRD Kudus Masan siap merealisasikan rencana pembangunan SD Negeri Unggulan di tiap kecamatan. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kudus Masan mengaku bakal segera merealisasikan program pembangunan SD Negeri Unggulan di setiap kecamatan yang ada di Kudus. Dengan adanya SD negeri unggulan di masing-masing kecamatan maka kualitas pendidikan harus lebih baik.

“Di setiap Kecamatan harus ada SD Negeri Unggulan. Dan ini akan menjadi pilot project bagi pengembangan SD Negeri  lainnya,”ujar Masan, Senin (21/9).

Masan menyebutkan, saat ini perbedaan kualitas antara sekolah negeri dan swasta semakin tinggi terutama sekolah tingkat SD. Kenyataan yang ada, banyak SD Negeri yang kekurangan murid karena gagal bersaing dengan SD Swasta.

Selain pola pembelajarannya kurang maksimal, banyak SD Negeri yang kondisi bangunannya mulai rusak dan tidak representatif. Akibatnya, banyak siswa yang lebih memilih sekolah di SD swasta.

Hal ini, kata Masan wajar mengingat SD Negeri tidak bisa menarik iuran seenaknya seperti di SD swasta. Alhasil, konsekuensi adanya sekolah gratis bagi sekolah negeri maka pemerintah harus menyiapkan anggaran untuk menunjang kegiatan pembelajarannya.

“Jadi, pemerintah harus turun tangan dan salah satu solusinya adalah dengan membangun SD Negeri Unggulan sebanyak-banyaknya,”ujarnya.

Saat ini, kata Masan, SD Negeri unggulan yang sudah ada baru ada satu yakni SD Negeri 1 Barongan yang ada di wilayah Kecamatan Kota. Menurut Masan, secara bertahap pihaknya akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan SD unggulan lainnya di semua Kecamatan.

“Mungkin tahun depan di wilayah Kecamatan Undaan,”tandasnya.

Sebab, kata Masan, SD Unggulan nanti harus memiliki sarpras yang memadai seperti gedung yang megah dan nyaman. Untuk satu SD saja, diperkirakan membutuhkan dana antara Rp 5-6 miliar.

Tm-Ab

-->