Pesiapan tim Dalmas Polres Blora dalam latihan pengamanan fisik untuk antisipasi dan cegah aksi kerusuhan Pilkada 2020. Foto : SB/Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID) – Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 semakin dekat. Tidak hanya penyelenggara Pilkada yang tampak sibuk, Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tengah, juga mempersiapkan program pengamanan dengan baik.

Sebagai langkah persiapan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Blora, Polres yang berposisi paling timur di Jateng ini, semakin intensif dan rutin menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas).

Seperti dijelaskan Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan melalui Kabag ops Kompol Supriyo, Minggu (20/9/2020), menjelaskan latihan Dalmas perlu dilakukan untuk menanggulangi adanya potensi kerusuhan massa.

“Latihan Dalmas makin intensif, agar  jajaran kami lebih cakap dalam menangulangi kerusuhan Pilkada yang berpotensi mengganggu kamtibmas,” terang mantan Kapolsek Randublatung ini.

Latihan terbaru yang dipimpinnya bersama  Kasat Sabhara Iptu (Pol) Isnaeni, diikuti oleh seluruh personel Satuan Sabhara dan gabungan dari personil Polsek jajajran Polres Blora di lapangan belakang Mapolres, Sabtu (19/9/2020).

Latihan kekuatan fisik tim Dalmas Polres Blora untuk persaiapan pengamanan Pilkada 2020. Foto : SB/Hms-Resbla

Kemampuan dan Kekuatan

Selaku perwira pengendali, Kompol Supriyo mengatakan bahwa latihan ini dilakukan dalam rangka kesiapan Polres Blora menghadapi pelaksanaan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020.

“Latihan ini, juga untuk meningkatkan kemampuan dan kekuatan anggota dalam menghadapi situasi kontijensi apabila terjadi kerusuhan massa bersekala besar,” tambah Kompol Supriyo.

Selanjutnya latihan Dalmas dilaksanakan rutin dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Sabtu, selain itu pihkanya juga telah menyiapakan personel lainnya, peralatan dan perlengkapan yang siap untuk digerakkan sewaktu-waktu.

“Kami siapkan tiga pleton Dalmas, lengkap dan unit Raimas serta personel cadangan yang siap untuk digerakkan setiap saat,” tandas Kabagops Polres Blora.

Agar semakin cakap, selain rutin latihan dengan formasi yang berbeda, kemampuan personel tersu ditingkatkan dalam mengendalikan massa aga lancar dalam setiap melakukan pengamanan aksi unjuk rasa, pungkas Kompol Supriyo.

Wahono-trs

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-->