blank
Saat satu regu patroli dari Polsek Kota Blora berpatroli di Water Splash Taman Sarbini, salah satu obyek wisata di tengah kota sate. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Di tengah pandemi covid-19 dan terciptanya keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), anggota Polsek Kota Blora, Polres Blora, Jawa Tengah, rajin menggelar patroli ke objek vital dan tempat wisata.

Patroli yang digerber sejak Sabtu-Minggu (19-20/09/2020), selain mnejaga kodusifitas wilayah, juga untuk memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam rangka antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Saat di Water Splash Taman Sarbini, turun satu regu  patroli yang dipimpin Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Kota Blora, Aiptu (Pol) Nurdi, memberikan imbauan kepada pengunjung agar patuh protokol kesehatan, salah satunya pemakaian masker.

Menurut  Aiptu (Pol) Nurdi, dengna diberlakukannya sangsi Perbup Nomor 55 Tahun 2020, warga sudah banyak yang sadar dengan memakai masker, tapi jika ditemukan yang tidak pakai masker akan diberikan sanksi sosial untuk melaksanakan kerja bakti.

“Selain patroli ketempat wisata,  anggota kami menyambangi kawasan perkantoran, SPBU, serta pemukiman penduduk yan rawan kiminalitas,” tandas Kepala SPKT Posek Kota Blora.

Penegakan Prokes

Murwati (41) salah satu pengunjung objek wisata di kota Blora, water splash, mengaku senang dengan adanya patroli kepolisian tersebut, karena dengan kehadiran petugas kepolisian dirinya merasa lebih tenang.

“Saat Pak Polisi datang di obyek wisata ini, terasa tenang dan nyaman  saat menikmati suasana water splash  bersama anak-anak,” kata Murwati, warga Kelurahan Mlangsen, Kota Blora.

Kapolsek Blora AKP Joko Priyono menmabahkan, sesuai dengan instruksi Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, bahwa selain sebagai aparat keamanan, Polri juga mempunyai tanggung jawab dalam penegakkan protokol kesehatan, maka setiap kegiatan kepolisian juga dilakukan penertiban prokes.

“Kami tidak akan lelah ajak warga disiplin protokol kesehatan, disiplin menjaga keamanan, agar masyarakat bisa terus berjalan namun aman dari covid-19,” terang Kapolsek Kota Blora.

Selain di obek wisata dan tempat pemusatan masa, tim patroli juga melakukan pemantauan pengamanan di beberapa obyek vital, seperti kantor perbankan (ATM), SPBU, pusat perbelanjaan dan aset vital lainnya.

Wahono-trs