Seorang anggota PMR saat memberikan paket pencegahan Covid-19 kepada seorang PKL di Simpang Lima Purwodadi. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan menyalurkan bantuan sosial untuk para tukang becak, PKL maupun awak bus. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke 75 PMI, kemarin.

Bentuk pembagian paket yang dilakukan antara lain 45 paket disinfektan, 96 paket pencegahan Covid-19, dan 50 nasi kotak. Aksi sosial ini dilaksanakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Grobogan.

Ketua PMI Grobogan, Moh Sumarsono, mengatakan dalam situasi covid-19 membuat sejumlah pihak turut prihatin, karena itu sebagai organisasi kemanusiaan, PMI Grobogan turut andil dalam upaya-upaya pencegahan penularan penyakit karena virus korona.

‘’Kegiatan ini juga salah satu bentuk kepedulian kami dan mempromosikan kesehatan guna mencegah covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, PHBS,” kata Soemarsono didampingi Kepala Markas PMI Grobogan Jasman.

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19 ini, PMI Grobogan juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Selain itu, pihaknya juga membagikan handsanitazer, masker, serta menyosialisasikan protokol kesehatan pada masyarakat.

‘’Kami berterimakasih pada teman-teman relawan, baik itu PMR, KSR, dan TSR PMI Grobogan. Ini merupakan tugas bersama dalam memberikan kesadaran pada masyarakat untuk ikut mencegah penyebaran covid-19,” tambahnya.

Selain itu, PMI Grobogan juga terjun langsung ke lapangan dalam bencana. Diantaranya, kekeringan. Di musim kekeringan ini, PMI sudah memiliki armada truk tangki untuk menyalurkan bantuan air bersih.

‘’Jika butuh bantuan air bersih bisa menghubungi kami,” tambah Soemarsono.

Hana Eswe-wahyu

-->