blank
Seorang warga mengambil sembako dari Warung Infak Kebumen di halaman Kantor PDAM disaksikan Wakil Bupati Arif Sugiyanto.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) -Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH meresmikan Warung Infak Kebumen (WIK) gratis bertempat di Kantor PDAM Tirta Bumi Sentosa, Jalan Arungbinang, Jumat (18/9) pagi.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah melalui BUMD untuk hadir melayani masyarakat. Dalam kerangka itulah,warung infak ini diharapkan mampu membantu meringankan beban masyarakat. Juga menumbuhkan  kebersamaan, kepedulian masyarakat untuk saling membantu dan mendukung,” ujar Wakil Bupati didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan Asisten I Sekda Hery Setyanto.

Wakil Bupati Arif Sugiyanto mengemukakan, di masa pandemi Covid-19ketahanan pangan menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu kepedulian dan kebersamaan harus terus terjaga dan terawat. Tak sedikit masyarakat yang membutuhkan uluran bantuan dari sesama dalam situasi saat ini. Hal tersebut mendasari forum BUMD Kebumen mendirikan Warung Infaq Kebumen (WIK).

blank
Wakil Bupati Arif Sugiyanto dan sejumlah pejabat naik sepeda meresmikan Warung Infak Kebumen di halaman PDAM setempat.(Foto:SM/Ist)

Menurut Wakil Bupati, pandemi Covid- 19 bukan hanya menjadi masalah kesehatan, melainkan sudah menjadi masalah sosial. Termasuk pengaruhnya terhadap ketahanan ekonomi masyarakat. Ada sebagian saudara-saudara kita yang kesulitan memenuhi kebutuhannya akibat pandemi ini.

Arif Sugiyanto menyatakan, warung infak tersebut merupakan bentuk bantuan ketahanan pangan untuk masyarakat. Langkah ini perlu didukung oleh semua kalangan yang memiliki kelebihan dalam membantu pemerintah ditengah pandemi Covid-19. Selain BUMD, dirinya juga berharap semua elemen masyarakat dapat bergotong royong dalam menghadapi pandemi.

Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Zein Mustain menjelaskan, warung infak ini dimotori oleh PDAM Infak Club yang merupakan wadah para karyawan. Warung dibentuk dengan maksud dan tujuan memberikan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok ataupun kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan dan membantu meringankan kebutuhan pokok sehari-hari.

blank
Wakil Bupati Arif Sugiyanto didampingi Dirut PDAM Tirto Bumi Sentosa Zein Mustain melihat sembako yang disediakan di Warung Infak Kebumen.(Foto:SB/Its)

“Warung Infak Kebumen bersifat gratis, setiap orang/KK yang membutuhkan diperkenankan mengambil 1 bungkus saja,”kata Zein disela-sela peresmian.

Zein menjelaskan, warung infak  kini tersedia di dua tempat yaitu kantor PDAM Kebumen dan PDAM Kutowinangun. Adapun bahan pangan akan tersedia setiap hari Jumat dengan estimasi masing-masing 100 paket. Bahan pangan yang tersedia berbagai macam seperti sayuran, cabai, tempe, tahu, beras maupun bumbu dapur.

Komper Wardopo