blank
Bupati H Djoko Nugroho (kiri), mengukuhkan Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi, SE MM (kanan), sebagai Ketum Bulan Dana PMI Kabupaten Blora 2020. Foto: SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Meski dalam kondisi pandemi covid-19, program kemanusiaan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, tetap berjalan dan mendapat dukungan banyak pihak.

Bahkan untuk memompa semangat dalam menggalang bulan dana PMI, Dandim 0721/Blora, Letkol (Inf) Ali Mahmudi, Kamis (17/9/2020) dipilih dan dikukuhkan sebagai Ketua Umum Bulan Dana PMI Kabupaten Blora 2020.

Selain pengukuhan pengurus, juga dilaksanakan pencanangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, dirangkai dengan Peringatan HUT ke-75 PMI, yang digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati H Djoko Nugroho.

BACA JUGA : Dua Tahun Gudang Disegel Polisi, Kamadjaya Segera Keluarkan 1.240 Ton Gula Miliknya

Dandim Blora mengatakan, sebagai Ketum Bulan Dana PMI Blora 2020 yang baru saja dikukuhkan Bupati, disebutnya sebagai amanah. Untuk itu, alumni Akademi Militer (Akmil) Megelang 2001 ini berharap, doa restu kepada semua yang hadir, khususnya warga Blora, untuk memikul tanggung jawab ini.

Dandim Blora mengaku bangga, dan berjanji akan menjalankan amanah ini dengan dengan sebaik-baiknya. ”Keikhlasan dalam menyumbangkan dana pada PMI tentunya untuk membantu warga Blora yang membutuhkan,” beber Letkol (Inf) Ali Mahmudi.

Dia juga berharap, semua pihak khususnya kepada para wartawan, untuk membantu sosialisasi bulan dana PMI ini, untuk menggalang dana dan mendapat respons positif di masyarakat.

Ditegaskan pula, selaku Ketum, dirinya akan terbuka dalam penggunaan dana PMI, dan berharap agar gerakan kamanusiaan melalui PMI ini akan lebih memasyarakat.

Di acara itu, Bupati Djoko Nugroho menyampaikan, orang yang paling tenteram hidupnya adalah, orang yang bekerja dalam tugas sosial, seperti di PMI ini.

Kaum Milenial
Bupati berpesan, dana yang nantinya terkumpul dalam kegiatan sosial PMI ini, tidak lain untuk menghadapi pandemi covid-19. ”Ayo kita perbanyak sosialisasi, edukasi kepada masyarakat untuk protokol kesehatan,” ujar dia.

Sedangkan untuk petugas patroli protokol kesehatan, lanjut Djoko Nugroho, akan ditambah ormas kepemudaan dengan sasaran kaum milenial.

Menurutnya, seperti Jakarta saat ini telah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat, maka Blora harus waspada adanya gelombang pemudik.

”Fokuskan kegiatan PMI untuk membantu pemerintah, dalam pencegahan penularan covid-19. Para camat tolong bantu Dandim untuk menggalang dana, demi kemanusiaan,” pesan mantan Dandim Rembang itu.

Hadir dalam pencanangan Bulan Dana PMI ini, Bupati Djoko Nugroho, Ketua PMI Sutikno Slamet, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan diwakili Iptu (Pol) Eko Septi, Danyonif 410/Alugoro Letkol (Inf) Suhendro Alim Prayoga, Kajari Y Avilla Agus diwakili Kasi Datun Agustinus Dian Leo Putra, Dewan Kehormatan PMI Umi Kulsum, Camat dan undangan lainnya.

Wahono-Riyan