blank
Plt Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, saat zoom meeting. Foto: Humas SG

 REMBANG (SUARABARU.ID) – AKHLAK menjadi nilai inti dan budaya bagi PT Semen Gresik, yang ditekankan perusahaan kepada seluruh karyawannya. Hal itu diungkapkan Plt Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, saat zoom meeting, Rabu (15 September 2020).

AKHLAK yang dimaksudkan adalah kepanjangan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, sebagai standar nilai perilaku yang menjadi pedoman dalam berbudaya kerja dalam mewujudkan spirit BUMN Untuk Indonesia.

Menurut Muchamad Supriyadi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menetapkan AKHLAK sebagai nilai-nilai utama, sekaligus pembentukan karakter di seluruh lingkungan BUMN.

PT Semen Gresik yang merupakan bagian dari BUMN, merupakan salah satu perusahaan yang proaktif dan berkomitmen menerapkan nilai AKHLAK serta mewajibkan karyawan untuk menerapkan budaya tersebut dalam perilaku kerja sehari-hari.

Nilai-nilai yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut telah ditetapkan sebagai pedoman budaya kerja seluruh BUMN di bawah naungan Kementerian BUMN sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020.

“Hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan transformasi human capital di Semen Indonesia Group (SIG). Nilai-nilai inti (core values) sebelumnya, diganti menjadi AKHLAK. Telah dimulai sejak tanggal 31 Juli 2020. Bukan hanya sekedar slogan atau jargon, “ katanya.

Muchamad Supriyadi mencontohkan sikap-sikap yang mencerminkan AKHLAK, misalnya selalu menjaga konsistensi, belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik, terbuka atas masukan, memiliki keberanian, percaya diri, tetap rendah hati dan bijaksana.

“Amanah, kita pegang teguh kepercayaan. Kompeten ya terus belajar dan mengembangkan diri. Harmonis, kami saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal, tentu kami mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif, kita selalu berinovasi, kemudian yang terakhir kolaboratif, kami akan terus membangun kerja sama, “ terang Supriyadi.

Supriyadi menambahkan dengan konsisten menjalankan AKHLAK, akan meningkatkan daya saing perusahaan PT Semen Gresik, sehingga nantinya mampu menjadi pemain global yang berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Tentang Semen Gresik

Seperti diketahui Semen Gresik merupakan salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Entitas yang berdiri pada 10 Januari 2014 dan beroperasi melalui pabriknya yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah ini, telah dipercaya dalam menyediakan produk semen yang berkualitas bagi jutaan keluarga dan pelanggan secara luas di Indonesia.

Berbagai mahakarya kelas dunia menjadi bukti nyata kekokohan produk Semen Gresik yang diproduksi melalui proses yang ramah lingkungan dan menggunakan teknologi mutakhir.

Semen Gresik selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik. Mulai dari inovasi teknologi berkelanjutan, produk semen dengan kualitas terbaik, hingga komitmen kami dalam melestarikan lingkungan dan bersinergi dengan masyarakat sekitar.

Melalui budaya kerja keras dan semangat inovasi segenap elemen perusahaan, Semen Gresik mampu menjadi pemain utama dalam industri persemenan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kancah Regional.

Widiyartono R