blank

SEMARANG (SUARABARU) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang (USM) menggelar Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hibah Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) pada 15-16 September 2020 secara virtual.

Kegiatan yang diikuti 204 peserta ini i dibuka oleh Rektor USM Andy kridasusila SE MM dan disiapkan juga 53 draft proposal.
Selain diikuti para dosen USM, kegiatan ini juga diikuti perwakilan dari Unisri Surakarta, STIE YPPI Rembang, Universitas Ivet, Upgris, STIE AUB, Undaris, STIE BPD Bank Jateng, STIKES Al Irsyad Cilacap.

Dalam sambutannya Andy mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini dan LPPM USM g rutin menggelar kegiatan seperti ini setiap tahun.

blank“Tugas utama dosen adalah tridharma, penelitian dan pengabdian sangat penting bagi dosen karena juga untuk kenaikan jabatan dosen, oleh karena ini workshop ini sangat penting bagi dosen dalam mengikatkan kemampuan dosen menyusun proposal agar bisa diadanai DRPM memgingat LPPM USM masuk klaster utama yang mana anggarannya mencapai 15 miliyar” ungkap Andy.

“Kami juga berharap dari workshop ini para dosen mampu membuat proposal dengan baik sesuai dengan acuan dan lolos sehingga dapat didanani dari DRPM” tambahnya.

Sementara Ketua LPPM USM Iswoyo SPt MP mengatakan bahwa kenapa kegiatan ini dilakukan, karena dua dhama ini yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas dari LPPM yang rutin digelar setiap tahun menjelang penawaran proposal hibah DRPM baik penelitian maupun pengabdian.

“Kami berharap pengusulan pada tahun 2020 untuk pendaaan tahun 2021 ini, proposal dosen USM bisa meninkat lebih banyak sehingga yang didanai DRPM juga meningkat” ungkap Iswoyo.

Iswoyo menambahkan bahwa Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal penelitian ini menghadirkan narasumber Prof Agus Subekti MSc PhD dosen Universitas Jember / Reveiwer nasional penelitian hibah DRPM.

Sementara untuk workshop Penyusunan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat disampaikan Prof Dr Okid Parama Astirin MS Ketua LPPM Universitas Sebelas Maret/ Reveiwer nasional PkM hibah DRPM.

Saiful Hadi – USM