blank

JEPARA (SUARABARU.ID)- Bertempat di Aula Endra Dharma Laksana, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH telah  menerima penghargaan Promoter Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia ( LEMKAPI).

Penghargaan tersebut diberikan  karena  banyaknya inovasi yang dilakukan dalam rangka penanganan Covid-19 sampai melampai tugas pokoknya.  Sebelumnya penghargaan yang sama juga telah diberikan kepada Kapolda Jateng.

blank
Penyerahan Penghargaan Promoter Award kepada Kapolres Jepara.

Penghargaan  pertama untuk  Polres di Wilayah Polda Jawa Tengah ini diserahkan Rabu (16/9-2020) oleh Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan. Penyerahan  disaksikan oleh jajaran Forkopimda Jepara,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta jajaran Perwira Utama Polres Jepara.

Menurut Dr. Edi Saputra Hasibuan, berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim, Polres Jepara disamping dapat melaksanakan tugas pokoknya ditengah-tengah pandemi hingga tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat, serta perlindungan hukum..

blank
Kapolres Jepara bersama jajaran Forkopimda Jepara

Hampir pada semua langkah percepatan dan penanganan covid-19 Jepara, Polres Jepara juga hadir dan terlibat secara padu hingga tingkat desa,”ujarnya.

Bahkan kemudian Polres Jepara  menjadi salah satu sumber inspirasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanganan dampak covid-19 seperti yang nampak pada kegiatan bakti sosial mulai pembagian masker, bantuan nasi bungkus, sembako hingga pendisiplinan masyarakat secara humanis.

“Lemkapi juga memberikan apresiasi atas kerjasama yang terbangun sinergis antara Polres Jepara – Kodim 0719 serta instansi lain dalam penanganan penyebaran Covid-19. Sinergitas ini menjadi bagian penting dalam penanganan pandemi,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Riset Lemkapi, Dr Awaludin mengatakan, ada beberapa kriteria dalam menilai Polres Jepara hingga layak mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah keterlibatannya secara aktif dalam penanganan pencegahan penyebaran covid-19. Disamping itu terjaganya kondusifitas  daerah ditengah pandemi.

“Dapur umum yang didirikan antara TNI – Polri untuk menyiapkan nasi bungkus atau box untuk warga yang membutuhkan, baksos bersama, penyuluhan hingga pendisiplinan masyarakat secara humanis  juga bagian dari indikator penilaian. Ini menunjukkan soliditas yang sangat kuat.

Dr Awaludin juga memberikan apresiasi khusus terhadap terhadap inovasi   Kapolres Jepara untuk memberikan ruang  bagi berkembangnya  kreatifitas para pelajar saat harus belajar dari rumah. “Tidak banyak daerah yang mengadakan kegiatan semacam  Bhayangkara Creative from Home yang melibatkan anak-anak  sekolah, mahasiswa hingga umum,” tambahnya.

Senada dengan tim Lemkapi, Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bankesbangpol Jepara, Drs. Dwi Iriyanto, MM, juga memberikan apresiasi terhadap penghargaan Promoter Award. “Polres Jepara  secara proaktif mendukung Pemda Jepara dalam memutus mata rantai Covid- 19,” ujar Dwi Irianto.

Sementara, Kapolres Jepra AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyatakan, penghargaan dari Lemkapi merupakan motivasi untuk meningkatkan kinerja jajaran Polres Jepara untuk mengabdikan diri kepada msyarakat, bangsa dan negara.

Hadepe / ua