Dalam memperingati hari kontrasepsi dunia, jajaran Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri bersama tim medis Puskemas dan pihak terkait lainnya, menggelar pelayanan KB dan kesehatan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi se dunia Tahun 2020, dilaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat bertempat di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Puhpelem, Jaiman, Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono beserta anggota, Kapolsek Iptu Budiono beserta anggota, Kepala UPTD Puskesmas Dokter Arif Wibowo, dan Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Sularno.

Kepala UPTD Puskesmas Puhpelem, Dokter Arif Wibowo, menyatakan, dalam memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, dilakukan upaya peningkatan pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-Kes) Reproduksi. ”Ini dilaksanakan dalam upaya mendukung program pencapaian Indonesia sehat,” jelas Dokter Arif Wibowo.

Pelayanan KB-Kes Reproduksi diberikan secara gratis, diantaranya pemberian pelayanan KB, tes HIV/AIDS, pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula dan papsmear. Bersamaan itu, pihak Puskesmas Puhpelem tidan hanya menganjurkan KB bagi ibu-ibu, tetapi juga kepada bapak-bapak untuk ikut menjadi akseptor.

Memperingati hari kontrasepsi se dunia Tahun 2020, Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri bersama Puksemas dan PLKB, menggelar pelayanan KB kesehatan kepada masyarakat.

Jangka Panjang
Utamanya untuk menggunakan kontrasepsi jangka panjang. Karena selama ini, peran suami terhitung masih lebih kecil karena hanya dengan menggunakan kondom saja. ”KB merupakan hal yang penting, bukan hanya sekedar membatasi jumlah penduduk, tapi memiliki esensi dengan kesehatan reproduksi,” tegas Dokter Arif Wibowo.

Pada sisi lain, dikemukakan pula bahwa selama ini masyarakat masih mempercayai mitos. Yakni jika mengkonsumsi pil KB dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal ini perlu diberikan pemahaman dan penyuluhan oleh petugas di lapangan, baik bidan maupun oleh dokter.

 

Hal itu penting dilakukan, agar upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat, dapat lebih fokus. Sekarang, konsep tersebut berubah dan menganjurkan kepada para bapak-bapak, terutama untuk menggunakan kontrasepsi jangka panjang.

Danramil24 Puhpelem Kapten (Inf) Tono, mengungkapkan, bersama jajaran siap untuk membantu upaya mensukseskan dan mensosialisasikan program pemerintah, tentang pentingnya program KB dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan.

Pelayanan KB dan kesehatan, diberikan secara gratis kepada masyarakat di Wonogiri. Ini dalam rangka memperingati hari kontrasepsi se dunia 2020.

Puskesmas Wuryantoro
Sementara itu, di Puskesmas Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, ditandai kegiatan safari program KB dengan memberikan pelayanan kepada 21 akseptor. Kegiatan ini, dilaksanakan dengan menggandeng Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri.

Andi Ardianto dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah, didampingi Dokter Sinung Pribadi dari BKKBN Kabupaten Wonogiri, hadir secara langsung turut menyaksikan pemberikan pelayanan KB di Puskesmas Wuryantoro.

Memperingati hari kontrasepsi dunia Tahun 2020, masyarakat Wonogiri memperoleh pelayanan KB dan kesehatan secara gratis, termasuk pemasangan kontrasepsi bagi akseptor.

Hadir pula Danramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Joko Susilo bersama jajaran Forkompincam Kecamatan Wuryantoro, Kepala Puskesmas Wuryantoro, Dokter Titik, Kepala PLKB Kecamatan Wuryantoro, Ema.

Dokter Titik, melaporkan, kegiatan yang dilakukan berupa pemberian pelayanan pemasangan alat kontrasepsi dan juga penyuluhan kesehatan keluarga. Pelayanan diberikan dengan mematuhi protokol kesehatan penanggulangan wabah virus corona.

Bambang Pur