blank
Bupati Temanggung M Al Khadziq kembali meminta perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung segera serap tembakau dari petani Temanggung. foto: suarabaru.id/  Yon

TEMANGGUNG(SUARABARU.ID)– Bupati Temanggung M Al Khadziq kembali mendatangi  perwakilan industri rokok di Kabupaten Temanggung agar segera  menyerap semua tembakau petani setempat pada masa panen tahun ini.

“Kami kembali mendatangi perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung agar mempercepat penyerapan tembakau dari petani sampai habis,” kata Al Khadziq.

Khadziq mengatakan, selain meminta agar perwakilan pabrik rokok untuk mempercepat penyerapan tembakau dari petani, juga agar membeli dengan harga sesuai kualitas tembakau.

Menurutnya, kunjungannya  ke gudang tembakau  tersebut  untuk memastikan agar pembelian tembakau Temanggung oleh pabrikan belum optimal dan tidak berimbang dengan volume hasil panen, karena hingga  saat ini hasil panen masih banyak menumpuk di petani, pengepul, dan pedagang.

Ia berharap agar  pabrik rokok mengerti dan memahami kesulitan yang sedang dihadapi  para petani tembakau. yakni,  saat ini situasi  ekonomi sedang sulit dan cuaca di awal musim panen kurang baik.

“Saya minta pabrik rokok jangan terlalu ketat dalam menentukan grade dan kualitas tembakau supaya tembakau asli Temanggung bisa terserap habis dan diberikan harga terbaik sesuai dengan kualitasnya,” katanya.

Menanggapi permintaan Pemkab Temanggung tersebut, perwakilan gudang PT Gudang Garam dan PT Djarum Kudus yang ada  di Temanggung menyatakan  akan tetap melakukan pembelian tembakau asli Temanggung.

Kedua perwakilan pabrik  rokok tersebut berharap  agar petani tembakau di Temanggung  tetap mempertahankan kualitas si ’emas hijau” yang merupakan asli dari wilayah KabupatenTemanggung dan tidak ada campuran lainnya.

Yon-trs