blank
KMP Bahtera Nusantara 01, kapal Roro berukuran jumbo yang melayani pelayaran ke Natuna. foto luarbiasa.id

NATUNA (SUARABARU.ID) – Kapal roll on roll off atau Roro berukuraan jumbo milik perusahaandengan kode KMP Bahtera Nusantara 01 akan segera melayani rute Kabupaten Natuna.

Lintasan baru yang akan dilalui roro ini diantaranya Tanjung Uban – Matak – Midai – Penagi – Subi – Serasan, dan Sintete pp. Sebelumnya roro ini lintasan sebelumnya yaitu Tanjung Uban – Matak – Penagi – Serasan – Sintete pp.

“Kita sudah melihat langsung kondisi pelabuhan yang akan dijadikan lintasan nanti atau tempat bersandar Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01,” kata Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi kepada sejumlah media, Senin (14/9/) seperti dikutip luarbiasa.id grub siberindo.

Penambahan lintasan ini, hasil tindaklanjut dari Gubernur Kepri Bapak Isdianto yang sebelumnya melakukan kunjungan kerja kekecamatan Midai dan kekecamatan Subi.

“Jadi dari arahan Gubernur Kepri, kita langsung melakukan survei di dua kecamatan tersebut. Dengan adanya penambahan lintasan ini, kita akan segera mengusulkan kekementerian perhubungan Republik Indonesia,” jelasnya.

Ia mengatakan, dengan ditambahnya dua lintasan wilayah tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya yang memiliki keunggulan alam yang melimpah.

“Setelah melakukan hasil survei di kecamatan Midai dan Subi, dua wilayah itu sangat berpotensi besar dalam hasil alamnya. dan diharapkan dengan adanya lintasan baru dapat meningkatkan pwrekonomian dan taraf hidup masyarakatnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri, Riskan mengatakan penambahan lintasan ini akan diusulkan langsung kekementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Kita sudah melakukan survey langsung, dan rencana dari hasil tersebut menjadi bahan pertimbangan Kementerian nanti,” ucap singkatnya. Sementara Bupati Natuna Hamid Rizal menyambut baik dengan rencana penambahan rute lintasan dari Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01.

Bupati Natuna Hamid Rizal menyambut baik dengan adanya lintasan baru, Kecamatan Midai dan Subi “Dengan adanya perlintasan baru, setidaknya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat diwilayah Midai dan Subi. Terlebih lagi dalam potensi alamnya yang sangat melimpah,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna Iskandar DJ mengharapkan, penerapan lintasan baru tersebut dapat terlaksana dalam waktu dekat ini.

“Mudah-mudahan saja perlintasan baru Kapal Roro tersebut dapat segera tercapai pada bulan Oktober atau November ini. Sehingga potensi alam yang ada di dua Kecamatan Midai dan Subi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Pada kegiatan survey tersebut turut hadir Plt. Kepala Dishub Provinsi Kepri Junaidi, BPTD Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri, Riskan, Manager Bisnis Regional ASDP batam, Agus Supriyatno, Kepala Dinas Perhubungan Natuna Iskandar DJ, Kapten KMP Roro Sembilang, Asmadi, perwakilan BPTD wilayah IV Rekip, Ichsan dan perwakilan pengusaha angkutan barang, Salmayudi.

hrd/arl