Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo menyerahkan BA penutupan perpanjangan pendaftaran bapaslon bupati dan wakil bupati Grobogan kepada perwakilan Bawaslu Grobogan, Desi Ari Hartanta. Foto : hana eswe.
GROBOGAN (SUARABARU.ID) – KPU Grobogan telah melakukan penutupan perpanjangan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Grobogan, Mingg7 (13/9/2020). Dalam kegiatan penandatanganan berita acara, Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo menyatakan hingga hari terakhir pendaftaran, hanya ada satu bakal pasangan cabup dan cawabup yakni pasangan Sri Sumarni – Bambang Pujiyanto.
Tahapan selanjutnya yakni tahapan pemeriksaan kesehatan bapaslon. Agenda pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di RSUD dr Moewardi Solo.
“Setelah digelar rapat pleno perpanjangan pendaftaran. Hanya ada satu pendaftar ditutup. Tahap selanjutnya paslon mengikuti tes kesehatan. Tes ini meliputi tes kesehatan fisik dan psikologi,” kata Agung Sutopo, Senin (14/9/2020).
Agung menjelaskan, tes ini dilakukan di RS Dr Moewardi berdasar rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng melalui KPU Jateng. Pihaknya berharap, pemeriksaan kesehatan yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB itu berjalan lancar.
Paslon Sri – Bambang saat hendak mengikuti serangkaian tes kesehatan. Foto : hana eswe/ist.

Pihaknya menambahkan, pelaksanaan tes kesehatan ini dilakukan sesuai Keputusan Ketua KPU RI Nomor 412/PL.02.2-Kpt/06/KPUIX/2020 tentang pedoman teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Sementara itu, bapaslon Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto mengharapkan dukungan dari warga masyarakat Grobogan agar pelaksaan tes kesehatan ini berjalan lancar.
“Mohon doanya kepada warga Kabupaten Grobogan agar pelaksanaan tes berjalan lancar,” harap Sri Sumarni.
Hana Eswe-Wahyu