blank

BREBES (SUARABARU.ID) – Para pemuda yang tergabung dalam 21 Organisasi kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Brebes mendeklarasikan komitmen dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Brebes. Kegiatan ini berlangsung di Alun-alun Brebes, Kamis (10/9) pagi.

Deklarasi tersebut terkait dengan terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Brebes, yang mencapai 225 kasus positif. Dalam deklarasi itu, juga dihadiri Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto DIK MHP, Dandim 0713/Brebes Letkol Arm M Haikal Sofyan, Asisten I Sekda Drs Apriyanto Sudarmoko MSi, Kepala Dishub Brebes Johari SH dan Anggota DPRD Brebes serta Satpol PP Brebes.

Usai melakukan deklarasi, mereka juga melaksanakan aksi bagi-bagi ribuan masker pada masyarakat di Jalur Pantura Brebes. Ketua Forum Rembug Pemuda Brebes Bersatu Hendrik Maulana mengatakan, deklarasi pemuda Brebes merupakan bentuk keprihatinan sekaligus komitmen para pemuda Brebes dalam aksi nyata percepatan penanganan Covid-19 di Brebes.

“Setelah deklarasi ini, kami akan langsung berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes untuk memberikan masukan langkah konkrit dan efektif dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 ini,” ungkap Hendrik.

Hendrik juga siap mengerahkan para pemuda dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya menyangkut protokol kesehatan. Di antaranya, mendorong kesadaran masyarakat untuk memakai masker.

“Upaya konkret kita akan berupaya secepatnya melakukan pemulihan ekonomi. Kami berharap Pemkab bisa mendorong tumbuhnya kembali ekonomi kecil melalui UMKM,” jelasnya

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto SIK MHP mengatakan, langkah para pemuda itu merupakan dukungan bagi Pemkab Brebes dalam menangani Covid-19 dan memulihkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya dukungan para pemuda ini, penanganan Covid-19 di Brebes bisa cepat dan terus berupaya bersatu menyetop penularan dengan protokol kesehatan ketat ,” kata Gatot Yulianto.

Perwakilan pemuda yang tergabung dalam Garda Bangsa Brebes, Haryanto mengatakan, selain percepatan penanganan, pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 juga sangat penting. Mengingat, adanya pandemi sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

“Memang kondisi saat pandemi, mereka perlu mendapat dorongan agar bisa bangkit dan pulih,” kata Haryanto yang juga anggota DPRD Brebes itu.

Dia menyatakan, jika pihaknya melalui forum pemuda akan bersama Pemkab untuk mencari solusi agar ekonomi masyarakat segera pulih.

“Dengan kekompakan dan kebersamaan seperti ini, jelas kami sudah sepakat untuk bersama-sama bergerak dalam penanganan Covid-19 di Brebes dengan cepat dan menyetop angka kasus virus Corona. Dan juga agar kondisi ekonomi di masyarakat bisa segera kembali bergairah,” pungkasnya.

Nur Muktiadi