blank
Hermas Puspito ketika berbicara dalam webinar. Foto: Hum

SEMARANG  (SUARABARU.ID) – Ada lima langkah berbisnis potensial diberikan oleh  Hermas Puspito, sales trainer yang juga pebisnis dan konsultan beberapa perusahaan  dalam webinar Bisnis Online Sabtu siang (12/9).

“ Pertama, cari bisnis yang terus berkembang. Dua , inovatif tidak mudah disaingi,”  kata penulis 18 buku tentang penjualan.

Contoh kecil yang perlu diperhatikan, katanya, bisnis jilbab mulai menurun, karenanya dituntut kreativitas. Ketiga, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mencari partner usaha yang dapat dipercaya. Empat, bisa membuka lapangan kerja.

Yang kelima, dalam memilih jaringan perlu diperhatikan adanya system jelas, bahkan ada pembinaan terus–menerus. “Berbisnis online bisa tanpa perlu penyediaan ruang  untuk  menyimpan barang,” tandasnya.

Seorang ibu, Danti,  berbekal pendidikan perawat, pernah sukses memutar uang  dari belasan juta sampai menjadi ratusan juta rupiah pada beberapa waktu lalu. Karena pandemi korona bisnis bermacam-macam barang dari keperluan dapur sampai busana, menyusut drastis.

Seorang ibu lanjut usia, Yuyum,  yang tidak mempunyai sejumlah target dalam berbisnis disarankan memilih usaha yang bisa membantu dengan menularkan ilmunya . “Kepuasan, keuntungan bukan hanya bentuk uang, memberi manfaat pada orang lain, itulah berkah, rezeki” . kata Hermas Puspito yang  berpengalaman membangun 5000 sales tim di sebelas unit bisnis.

Webinar interaktif terbatas yang terbagi lima sesi dalam sehari, menurut Agung Budiarta, panitia, merupakan kelanjutan seminar bisnis online yang diselenggarakan di UTC Semarang beberapa waktu lalu.

Humaini-trs