Novanda Nisa Ayu Wobowo, peraih predikat Putri Remaja Jateng 2020.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Kabar bahagia datang dari Novanda Nisa Ayu Wibowo (17). Siswi kelas  XII Jurusan Akuntansi SMK Yapek Gombong, Kebumen, ini meraih predikat Putri Remaja Jateng 2020.

Gadis kelahiran 5 November 2003 itu pun berhak mewakil Jateng pada ajang Pemilihan Putri Remaja Indonesia,  pada November mendatang di Jakarta. Tentu ini menjadi prestasi membanggakan sekaligus membawa nama baik Kebumen.

Anak pasangan Priyo Darmoko dan Eka Emi Sulistyarini dari Desa Pekuncen RT 04/01, Kecamatan Sempor, itu juga telah beraudiensi dan mohon doa restu kepada Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.  Dia diantar oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kebumen Azam Fatoni dan Ketua Yasan Pendidikan Ekonomi SMK Yapek Gombong Bambang Priyambodo.

“Alhamdullah Bapak Bupati Kebumen Yazid Mafudz mendukung dan merestui  anak kami serta  memberikan bebungah Rp 10 juta,”jelas Bambang Priyambodo kepada Suarabaru.id Rabu (9/9) ini.

Novanda Nisa Ayu Wibowo bersama Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.(Foto:SB/Ist)

Gadis pemilik tinggi badan 178 cm itu menuturkan, awalnya mengikuti kontes Putri Remaja Cilacap 2020. Dirinya pun meraih medali silver atau berhak memasuki babak selanjutnya yang berlangsung di Semarang.

Novanda berhak mengikuti audisi di Sam Po Kong Semarang untuk mendapatkan golden tiket pada babak final. Babak final berlangsung di Balai Kota Semarang di Jalan Pemuda. Novanda pun harus mengikuti karantina selama tiga hari. Selama menjalani karantina itu dia banyak memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru.

Di antaranya mengunjungi objek wisata di Kota Semarang, mengikuti pelajaran beauty class, inglish first, pidato class, debat serta penampilan bakat, catwalk hingga dancing. Babak final berlangsung pada 16 Februari 2020 di Taman Indonesia Kaya Semarang, dengan menampilkan lima besar.

“Pada sesi ini kami lima peserta ditanya oleh Dewan Juri,  apa arti cantik menurut kamu. Alhamdulillah akhirnya diumumkan yang terpilih sebagai Juara Putri Remaja Jateng 2020 saya dan berhak mewakl Provinsi Jateng. Saya bersyukur  bisa menyandang Putri  Remaja Jateng 2020,”ucap dia dengan nada renyah.

Novanda Nisa Ayu Wibowo berfoto bersama Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Azam Fatoni dan Ketua YPE SMK Yapek Gombong Bambang Priyambodo.(Foto:SB/Is)

Menyinggung motivasi mengikuti ajang Puti Remaja, Novanda mengaku terpacu untuk menambah ilmu dan pengetahuan, mengembangkan bakat serta memupuk disiplin. Sekaligs memotivasi remaja lain untuk berani tampil dan mau belajar. Ia pun terobsesi mencintai Tanah Air dengan ikut mempopulerkan produk lokal  Indonesia, seperti  batik, kuliner tradisional dan wisata.

Ketua Yayasan Pendidikan Ekonomi (Yapek) Gombong Bambang Priyambodo bangga terhadap prestasi yang dicapai anak didiknya. Sebagai Yayasan sekaligus orang tua, pihaknya berharap prestasi Novanda tersebut bisa memacu para remaja lainnya.

“Pemuda -pemudi investasi masa depan bangsa. Prestasi ananda Novanda ini membawa nama baik pribadi, keluarga, sekolah, masyarakat dan Kebumen. Bahkan membawa misi pengembangan potensi remaja, pariwisata dan masa depan bangsa,”ujar mantan Camat Ayah itu.

Komper Wardopo