blank
Droping air bersih oleh BPBD Jepara di Desa Plajan, Pakis Aji.

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sebanyak 145 KK Penduduk Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji,  Jepara telah mengalami kekeringan. Bahkan mereka telah meminta droping air bersih untuk kebutuhan pokok. Untuk mencokupi kebutuhan pokok air minum dan masak  tersebut BPBD telah mengirimkan 1  truk pengangkut air dengan kapasitas 5.000 liter.

Warga yang mengalami kesulitan air bersih ini terdiri dari 353 jiwa yang berada di wilayah RT 25, 26 dan RT 27 RW 04 Desa Plajan. Desa lain yang juga telah mengajukan permohonan droping air adalah Desa Blimbingrejo, Kecamatan Nalumsari.

blank
Dua desa di Jepara telah me,minta droping air bersih, Pajan dan Blimbingrejo

Sebagaimana diberitakan SUARABARU.ID,  sebanyak 47 Desa di Jepara trelah ditetapkan masuk dalam desa Darurat Bencana Kekeringan dan Kelangkaan Air Bersih tahun 2020. Penetapan desa-desa rawan bencana ini tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Jepara No.360/ 287 tahun 2020 tanggal  28 Juli 2020. Dan berlaku hingga 31 Oktober 2020.

Desa-desa yang masuk Darurat bencana kekeringan ini terdiri dari  Kecamatan Welahan Desa Sidigede dan Kalipucang, Kecamatan  Mayong Desa Datar, Rajekwesi, Singorojo, Mayong Kidul dan Pancur.

Untuk Kecamatan Nalumsari Desa  Bategede, Blimbingrejo, Tungguh Pandean, Ngetruk dan Dorang. Sementara Kecamatan Kalinyamatan terdiri dari desa Manyargading, Pendosawalan, Batukali dan Bandungrejo.

Untuk Kecamatan Pecangaan Desa Gerdu dan Kaliombo dan Kecamatan Batealit desa Raguklampitan. Sementara Kecamatan Kedung terdapat desa Panggung, Surodadi, Kalianyar, Tedunan, Kedungmalang, dan Inilah Karanganji. Kecamatan Tahunan desa Semat dan Telukawur, serta Kecamatan Jepara desa Kauman, Jobokuto, Bapangan dan Bulu.  Untuk Kecamatan Pakis Aji desa Plajan. Kec,matan Mlonggo desa Karanggondang  dan Suwawal.

Sedangkan Kecamatan Bangsri desa Tengguli dan Guyangan dan Kecamatan Kembang desa Pendem, Jinggotan dan Bucu. Sementara  Wilayah Kecamatan Keling desa Tunahan, Gelang, Kunir, Jlogong, Klepu, dan Tunahan.  Untuk  Kecamatan Donorojo ada dua desa yaitu Sumberejo dan Clering serta Karimunjawa Desa Kemujan.

Hadepe-ua