Pengukuhan pengurus Dhama Wanita Persatuan Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan secara virtual di Ruang Kahyangan Setda Wonogiri. Melalui zoom meeting online jejaring internet yang disatukan dengan pengukuhan se Jateng.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja untuk melawan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Garda terdepan melawan corona bukan lagi pemerintah atau tenaga kesehatan (Nakes), tapi masyarakat.

Butuh peran berbagai elemen masyarakat, termasuk Dharma Wanita. Demikian ditegaskan Penasehat Darma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Tengah, Ny Atikoh Ganjar Pranowo. Istri Gubernur Jateng ini, berupaya mendorong DWP di semua Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, bersinergi dengan pemerintah untuk berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid-19.

Ny Atikoh Ganjar Pranowo, berharap agar anggota DWP bisa melakukan kontribusi dengan banyak cara. Minimal dapat diawali dari lingkungan terdekat dulu, yakni keluarga dan tetangga. ”Sering-sering memperhatikan tetangga, adakah tetangga yang membutuhkan bantuan. Adakah tetangga kita yang tidak bisa makan ? Ada tidak yang anaknya kesulitan bayar SPP ? Atau apakah ada yang terkena PHK ?,” tandas Atikoh.

Solidaritas Sosial
Penegasannya ini, disampaikan Rabu (2/9) pada upacara pengukuhan kepengurusan Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang digelar secara virtual. Kepada ibu-ibu DWP, diajak untuk peduli dan menerapkan solidaritas sosial. Khususnya kepada para tentangga terlebih dahulu, dan kepada masyarakat pada umumnya. ”Secara bahu-membahu dapat memberikan bantuan kepada yang kesusahan dan kekurangan,” tegasnya.

Istri Gubernur Jateng ini, juga menyerukan untuk berbelanja di warung tetangga. ”Atau kalau tidak, bila ada teman yang baru mulai bisnis makanan misalnya, pesanlah ke dia. Hal ini kelihatannya sepele, tapi dapat memberi manfaat untuk orang banyak,” ujarnya.

Para pengurus Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kabupaten Wonogiri yang dikukuhkan, mengikuti secara virtual bersamaan dengan pengukuhan se Jateng melalui meeting zoom jejaring internet.

Jajaran DWP Kabupaten/Kota di Provinsi Jateng, diminta untuk dapat menjadi teladan terhadap proses-proses tersebut. ”Rawat semangat gotong royong, bersama-sama kita hadapi dan kita atasi wabah corona, bangkitkan kembali ekonomi bangsa demi kesejahteraan kita semua,” pesannya.

Dukung Suami
Pada bagian lain, Ny Atikoh menyerukan agar ibu-ibu DWP jangan melirik rezeki orang lain. ”Tidak perlu nglirik rezeki orang. Nanti malah menimbulkan penyakit hati. Yang penting tetap dukung suami, agar selalu bekerja dengan baik dan ikhlas dalam mengabdi untuk bangsa,” tandasnya.

Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkab Wonogiri, Haryanto, melalui juru warta Esti, menyatakan, acara pengukuhuan pengurus DWP Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dilakukan serentak secara virtual melalui zoom meeting oleh  Ketua DWP Provinsi Jawa Tengah, Toetik Herru Setiadhie.

Pelaksanaan zoom meeting digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. Untuk Kabupaten Wonogiri, acara zoom meeting dilaksanakan di ruang Khayangan Kompleks Perkantoran Setda Wonogiri. Istri Sekda Wonogiri, Ny Mitakhatul Arbanginah Haryono, dikukuhkan sebagai Ketua DWP Kabupaten Wonogiri masa bakti 2019-2024.

Seusai acara pengukuhan, para pengurus DWP mendapat pelatihan mengaplikasikan zoom, google meet, skype, dan TI jejaring internet. Tujuannya, dengan mampu memanfaatkan teknologi informasi (TI), dapat memperlancar aktivitas.

Bambang Pur

-->