blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Tanah bekas RSUD Kebumen seluas 2,7 hektar di Kampung Bojong Kelurahan Panjer, yang sudah beberapa tahun mangkrak, menurut rencana akan dimanfaatkan untuk pengembangan kampus UNS di Kebumen.

Bahkan menurut Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz diharapkan pembangunan  kampus pengembangan UNS di Kebumen itu bisa dimulai tahun 2001. Sedangkan fakultas atau progarm studi yang akan dibuka masih menunggu survai yang dilakukan Pemkab Kebumen.

Bupati Kebumen Yazid Mahffudz  kepada Suarabaru.id Jumat (28/8) mengemukakan, salah satu persoalan yang dihadapi Kebumen selama ini yakni sumber daya manusia (SDM) yang masih rendah. Hal itu terkait erat dengan masalah kemiskinan.

Apalagi pengangguran di Kebumen masih tinggi dengan basis pendidikan tamatan SLTA, SMP dan SD.”Kita perlu tahu akar permasalahan di Kebumen, salah satunya sektor pendidikan. Apalagi  UNS kampus negeri, kami sudah berbicara dengan Wakil Rektor Prof Kuncoro beberapa waktu lalu sekaligus sebagai tindak lanjut MoU yang sudah kita lakukan dengan UNS,”jelas Bupati.

blank
Salah satu bangunan eks RSUD Kebumen termasuk bangunan tua dan menjadi studi lapangan pecinta sejarah.(Foto:SB/Ist)

Seperti diketahui, di Kebumen sudah sejak lama ada kampus Prodi PGSD FKIP UNS. PGSD UNS di Kebumen semula merupakan alih status dari SPG Negeri Kebumen di Jalan Gelatik Panjer. Semula PGSD hanya menerima mahasiswa D2 dan saat ini telah menerima mahasiswa  Prodi S1.

Secara terpisah Ketua Program Studi PGSD UNS di Kebumen Dr Suhartono MPd dihubunggi terpisah membenarkan informasi  tersebut. Menurut Suhartono, beberapa kali sudah ada dialog antara pihak UNS yang digagas Wakl Rektor III UNS Prof Dr Kuncoro Diharjo yang kebetulan putra daerah asal Sarwogadung Mirit, dengan Bupati Kebumen dan jajarannya.

Suhartono menerangkan, pembicaraan tersebut bertujuan mengembangkan potensi Kebumen di bidang pendidikan. Bupati menyambut positif. Sabtu yang lalu (22 Agustus) Prof Kuncoro dan Direktur Sekolah Vokasi UNS diterima Bupati Kebumen dan pejabat terkait membahas hal tersebut.

“Nanti ada kajian lebih lanjut dari kedua pihak tentang bentuk kerja samanya, pendidikan apa yg dibutuhkan di Kebumen, bagaimana teknisnya, dan hal lain yang berhubungan dengan realisasi tersebut. T ahun lalu sudah ada MoU antara Rektor UNS dan Bupati Kebumen tentang kerja sama itu,”jelas Suhartono.

Komper Wardopo