USM-Careeer-Daring
Mahasiswa USM mengikuti pelatihan dengan tema ''Upgrade Your Self'' yang digelar UCAC USM secara daring.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) Career and Alumni Center (UCAC) menggelar Intensive Career Preparation (ICP) secara daring dengan menghadirkan narasumber, EDC Coordinator Program, Trainer, Coach, Nina Hendarwati, baru-baru ini. Kegiatan diikuti puluhan mahasiswa USM.

Ketua UCAC, Khoirudin MEng mengatakan, tujuan kegiatan yang mengambil tema ”Upgrade Your Self” itu untuk mempersiapkan dan membekali mahasiswa menghadapi dunia kerja yang berubah seiring berjalannya waktu.

”Kenapa tembok Cina runtuh? Bukan karena teknologinya, bukan karena sistemnya, tapi karena penjaganya bisa disuap. Ini yang juga terjadi ketika Bali di bom besar-besaran, hanya karena penjaganya mau diberi ponsel, dan membiarkan orang masuk untuk melakukan aksinya,” kata Nina sembari mengatakan selama ini Education Development Center (EDC) Coordinator Program seringkali bekerja sama dengan USAID..

”Karena itu jujur itu merupakan hal paling penting dari soft skill yang kalian punya, jujur menjadi dasar paling utama,” tambahnya.

Meskipun dilakukan secara online, ICP dilakukan secara fun dan tetap active learning sehingga mahasiswa tidak bosan.

Menurut Ketua UCAC, Khoirudin MEng mengatakan, meskipun di tengah pandemi seperti ini, UCAC tetap bisa membekali teman-teman mahasiswa yang nanti sudah lepas dari USM dan harus terus berjuang di dunia nyata.

”Kami tetap memberikan bekal pastinya untuk teman-teman mahasiswa, semoga makin terbuka luas pikirannya dan memiliki pandangan serta wawasan baru di luar kurikulum yang diberikan di masing-masing progdi, jadi bisa bermanfaat untuk teman-teman mahasiswa itu sendiri harapannya,” Kata Khoirudin.

”Insya Allah ke depan, program selanjutnya kami akan bekerja sama dengan Project Director RWAP EDC dari Amerika Serikat yang akan membagi mengenai pentingnya soft skill untuk mahasiswa. Selain itu juga ada agenda pembekalan wisuda untuk mahasiswa yang akan lulus September 2020,” ungkapnya.

Muha