blank
Pemeriksaan personil dan materril oleh Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Kec. Adiwerna, Kab. Tegal, Selasa (25/08/20). (Foto : Dok. Pendam IV)

TEGAL (SUARABARU.ID)– Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma menerima kunjungan dari Tim Riksiapops Mabes TNI yang dipimpin Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Kec. Adiwerna, Kab. Tegal, Selasa (25/08/20).

Kunjungan ini dalam rangka memastikan kesiapan Yonif 407/PK yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Pemeriksaan meliputi personel, materiil dan penguasaan materi yang diperoleh prajurit selama pelaksanaan latihan pratugas.

Dalam pengarahannya Mayjen TNI Tiopan menyampaikan bahwa tugas adalah kehormatan, tidak setiap prajurit mendapat kepercayaan untuk melakukan tugas operasi. Untuk itu setiap prajurit harus mendedikasikan diri dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Apabila keberhasilan dalam misi penugasan berhasil diraih tentunya Satgas akan pulang dengan membawa kebanggaan.

blank
Pemeriksaan materiil prajurit Yonif 407/PK sebelum berangkat tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. (Foto : Dok. Pendam IV)

“Kamu harus sering ketemu sama masyarakat, tanamkan jiwa kebanggan sebagai warga negara Indonesia. Bukan hanya mencari patok, tapi juga mencegah perbuatan-perbuatan ilegal seperti narkoba, bahan peledak, TKI yang keluar tanpa ijin dan surat-surat, itu adalah sebagian tugas,” ungkapnya.

Satgas yang akan bertugas selama 9 bulan ini diperintahkan untuk melaksanakan perintah dengan penuh tanggung jawab, sabar dan tekun. Karena dengan prinsip itulah keberhasilan tugas akan dapat diraih.

“Laksanakan dengan penuh tanggung jawab, sabar, tekun, saya yakin pasti berhasil. Untuk itu, satukan niat seluruhnya, andalkan Tuhan dalam melaksanakan tugas ini” tegasnya.

Ditambahkan oleh Jenderal Bintang Dua ini bahwa Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma telah siap. Baik dari segi kemampuan, personel maupun materiil semua telah memenuhi syarat. Berikutnya adalah tinggal menyatukan niat seluruh prajurit.

“Satukan niat mulai dari Komandan Batalyon sampai sampai dengan prajurit dua supaya berhasil Batalyon ini,” tegas Mayjen TNI Tiopan.

“Pada Kesempatan ini, atas nama Panglima TNI, saya Asisten Operasi Panglima TNI menyatakan Satuan Tugas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma siap melaksanakan operasi, berangkatlah dengan kehormatan, pulang dengan kebanggaan, kiranya Tuhan menolong kita” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Widi Prasetijono, Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Aby Ismawan, S.E., M.Si., para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, Danrem 071/WK Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., para Kabalak, dan Komandan Satuan Jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Absa