Klub Solo American Jip melakukan susur pantai selatan berhenti di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Banyak cara dilakukan memperingati HUT RI ke-75. Solo American Jip, telah melakukan touring susur pantai selatan melalui Bandara Internasional Kulonprogo, singgah di Pantai Suwuk dan Pantai Ayah Kebumen, berakhir di  Benteng Pendem, Cilacap.

Menurut penuturan H Saparji, penggiat Solo American Jip kepada Suarabaru.id  Minggu (23/8), pihaknya bersama Yanto dan Edi berangkat dari Solo pada Sabtu (15/8) sehabis Subuh. Mereka bertiga mengendarai jip diserta keluarganya melalui Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara Kulonprogo, terus menyusuri pesisi selatan atau melalui jalur Jalan Daendels Purworejo.

Selepas Purworejo, tiga jip touring itu meneruskan perjalanan melalui Jalan Diponegoro atau jalur pesisir paling selatan Kebumen. Bahkan ketiga jip beserta keluarga berhenti menikmati keindahan Pantai Suwuk di Desa Tambakmuyo, Kecamatan Puring, Kebumen.

Tiga mobil Solo American Jip berhenti di kawasan berpasir pantai selatan Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Saparji pun memuji objek wisata Pantai Suwuk di timur Pantai Karangbolong itu sangat bagus. Bahkan objek wisata yang dikelola Pemkab Kebumen itu sudah sangat dikenal dan areanya di jalur pesisir sehingga mudah dijangkau wisatawan maupun touring. Pihaknya merekomendasikan para penggemar touring baik mobil maupun motor bisa mengunjungi Pantai Suwuk.

“Tentu kami tetap menaati protokol kesehatan. Kami selama di jalan juga membagikan masker kepada masyarakat dan anak-anak. Kami pun patuh pada protokol kesehatan dengan membatasi touring hanya tiga keluarga,”jelas pengusaha peternakan unggas alumni Fakultas Sastra UNS itu.

Dari Pantai Suwuk, rombongan ini melanjutkan susur pantai  selatan Kebumen hingga berhenti di Pantai Ayah dan di atas Jembatan Kalibodo di perbatasan Kebumen-Cilacap. Dari atas jembatan ini mereka kembali menikmati keindahan panorama Pantai Logending Ayah beserta muara Kalibodo yang menjadi pembatas alami wilayah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Rombongan Solo American Jip berhenti di Jembatan Bodo dekat Pantai Logending Ayah perbatasan Kebumen-Cilacap.(Foto:SB/Ist)

 

Saparji mengakui panorama alam di perbukitan dan pantai Kebumen menawan. Pihaknya pun menyarankan para penggemar touring mendatangi lokasi tersebut. Medan jalan mulus dan enak dilaluai. Hanya saja di perbukitan Kecamatan Ayah Kebumen memang ada tanjakan cukup terjal, tikungan dan turunan yang menantang sehingga kendaraan harus laik jalan.

Utamanya di wilayah pesisir perbukitan Kecamatan Ayah seperti Desa Pasir, Jintung, Argopeni, Karangduwur. Namun ada alternatif lain melalui Kecamatan Buayan di selatan Gombong kondisi jalan lebih mendatar dan bisa tembus Gua Jatijajar dan Pantai Ayah hingga masuk Cilacap.

Touring susur pantai selatan tiba di Benteng Pendem, Cilacap.(Foto:SB/Ist)

Pihaknya mengaku beruntung setelah sampai Cilacap diizinkan masuk Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Dengan touring tersebut sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan dan mensyukuri pencapaian Kemerdekan Bangsa Indonesia di usia 75 tahun ini.

”Ini memang masih perjalanan rintisan karena di masa pandemi, namun tetap asyik. Mudah-mudahan kesempatan lain bisa lebih banyak pesertanya,”tandas Saparji.

Komper Wardopo  

-->