blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Warga RW.01 Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, menggelar upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan itu, digelar di area parkir Masjid Baitul Muttaqin, RT.03 RW.01 Sambiroto, Senin (17/8/2020).

Upacara diikuti perwakilan RT.01-RT.10, PKK, remaja, perwakilan ormas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Hadir pula Lurah Sambiroto Agus Suryanto, S. Sos, MM, LPMK, Babinsa dan Babinkamtibmas. Ketua RW.01 Sambiroto, Tohar selaku pembina upacara berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan yang pertama kali di gelar di RW.01 itu.

“Ini menjadi peristiwa penting bagi warga RW.01. Semua elemen masyarakat kumpul di tempat ini untuk mewujudkan Indonesia Maju. Sulit rasanya mewujudkan Indonesia Maju, tanpa bersatu, saling bau membau, dan saling membantu. Kegiatan ini terlaksana, juga berkat guyub tandas bersatunya warga,” kata Tohar yang akrab disapa Tohar Tokasapu.

Lurah Sambiroto, Agus Suryanto saat menyampaikan sambutan sangat mengapresiasi yang dilakukan warga RW.01. Pasalnya, meski di tengah pandemi corona virus desease 2019 (Covid-19) telah sukses menggelar kegiatan upacara memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, tanpa meninggalkan disiplin protokol kesehatan.

blank

Agus Suryanto juga mengapresiasi terbitnya Peraturan Walikota (Perwal) Semarang Nomor 57 tahun 2020 yang diteken tanggal 12 Agustus 2020. Menurut Agus, Perwal tersebut mengisyaratkan bahwa RT, RW, PKK dapat kembali berkegaian. Karena dalam Perwal itu, Walikota telah memberikan berbagai kelonggaran dalam berkumpul.

“Jika pada Perwal sebelumnya setiap pertemuan dibatasi maksimal 50 orang atau 50 persen dari kapasitas tempat kegiatan, namun Perwal Nomor 57 tahun 2020 sudah sangat longgar. Yakni, dalam satu pertemuan maksimal bisa diikuti 100 orang, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Codid-19,” tandas Agus Suryanto, seraya mengajak warga untuk mensukseskan Pilwakot Semarang, 9 Desember 2020.

Masih dalam rangkain upacara, Ketua RW.01 juga memberikan penghargaan kepada para RT yang telah melakukan kegiatan positif. RT.04 mendapat penghargaan sebagai kampung ronda, karena telah giat melaksanakan Siskamling. Sedangkan RT.10 mendapat penghargaan giat dan kreatif menghias kampung dalam menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Penghargaan juga diberikan kepada RT. 06 sebagai kampung yang aktif mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungannya secara rutin. RT.03 mendapat penghargaan sebagai kampung tanggap Covid-19, karena telah aktif melakukan penanganan terhadap warganya yang positip Covid-19. Rangkaian upacara diakhiri pembagian sembako secara simbolis di wilayah RT.03 RW.01 Sambiroto.

Thr/Sol