Ketua Jakilun Wonosobo Amin Suradi meniup lilin menandai HUT ke-10 Jakilun. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Komunitas Jalan Kaki Alun-Alun (Jakilun) Wonosobo merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-10 yang jatuh pada Selasa (18/8), di Taman Kartini setempat, secara sederhana namun khikmat.

Komunitas beranggotakan ratusan warga lanjut usia (Lansia) yang rutin berolahraga di Alun-alun Wonosobo tersebut berupaya tetap menjaga tali silaturahmi dan keakraban meski kini harus menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo yang turut hadir dalam acara senam sehat dan potong tumpeng mengaku bersyukur para sesepuh terlihat selalu sehat dan bugar meski pandemi Covid-19 di Wonosobo kini telah memasuki bulan ke-6 alias hampir setengah tahun.

“Kebiasaan dan disiplin tetap rutin berolahraga yang dimiliki para anggota Jakilun ini, bisa menjadi teladan bagi anak-anak muda. Karena salah satu kunci dalam menjaga daya tahan tubuh agar senantiasa bugar adalah dengan olahraga teratur,” tuturnya.

Selain dengan kedisiplinan berolahraga, kepada para member Jakilun, Agus juga berpesan agar mereka menjaga hati agar senantiasa merasa bahagia, salah satunya dengan menjalin silaturahmi dengan teman-teman maupun kerabat, meski kini lebih banyak menggunakan media virtual.

“Jangan lupa, ketika berada di luar rumah, bapak-bapak maupun ibu-ibu di Jakilun ini harus mengenakan masker. Rajin cuci tangah terutama ketika usai menyentuh benda-benda di sekitarnya,” tambah Agus.

Protokol Kesehatan

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo menyerahkan tumpeng pada acara HUT ke-10 Jakilun. Foto : SB/Muharno Zarka

Di Alun-Alun Wonosobo, menurutnya, telah tersedia fasilitas pendukung untuk mencuci tangan bahkan dilengkapi dengan sabun agar setiap pengunjung tak kesulitan ketika harus menyeterilkan tangannya.

Dengan patuh dan taat terhadap protokol kesehatan Covid-19, diyakini para lansia di Wonosobo akan terhindarkan dari paparan virus korona, yang sampai tanggal 18 Agustus 2020 ini telah menginfeksi 138 orang, dan mengakibatkan 3 orang meninggal dunia.

Ketua Jakilun Wonosobo Amin Suradi mengaku siap melaksanakan, karena selama masa pandemi Covid-19, komunitasnya telah menyadari benar bagaimana mesti bersikap. Olah raga dan silaturrahmi yang dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Tentu semua orang tidak ada yang ingin terkena virus Corona. Karena itu upaya menjaga diri dengan rajin berolahraga, seperti senam sehat, jalan santai dan olahraga ringan lain selalu di upayakan agar optimal,” tuturnya.

Dalam ulang tahun ke-10 yang dirayakan secara sederhana tersebut, Amin juga meminta anggota untuk tetap menerapkan social dan physical distancing, mengenakan masker hingga face shield demi menghindari potensi bahaya tertular virus yang secara global telah menyebabkan kematian pada lebih dari 700 ribu orang itu.

Tak lupa, pihaknya mengajak setiap anggota Jakilun untuk mendoakan Wonosobo tercinta agar segera dibebaskan dari belenggu Covid-19, semakin maju dan semakin sejahtera.

Muharno Zarka-Wahyu

-->