blank
Komunitas penggemar sepeda sehat GGS Madyorejo, Sukoharjo, mengadakan gowes bareng ke Candi Prambanan. Tour de Prambanan ini dilakukan dalam rangka tujuhbelasan.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Dalam rangka tujuhbelasan, komunitas Gowes Gen Sehat (GSS), mengadakan acara ngontel bareng ke Candi Prambanan, DI Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh 20 pesepeda pancal warga Kampung Madyorejo RT 01/RW 07, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Penggowes GSS, Begug Suwarman, Senin (17/8), menyatakan, acara sehat ngontel bersama ini, dilakukan Minggu pagi (16/8). ”Kami berangkat Pukul 06.30,” jelasnya. Menuju ke objek wisata Candi Prambanan yang berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Nomor: 16, Kampung Kranggan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Lokasi yang dituju berjarak sekitar 44,2 Kilometer (KM) dari titik start, dengan route menelusuri jalan perkampungan Serenan (Klaten), melintas sebagian kecil jalan Kota Delanggu-Pedan-Klaten. ”Kami memilih mayoritas jalanan kampung, untuk menghindari keramaian kendaraan bermotor,” jelas Begug Suwarman.

blank
Meski objek wisata Candi Prambanan masih ditutup karena corona, peserta gowes bareng GSS dari Madyorejo, Sukoharjo, berupaya selfi dengan latar belakang candi.

Udara Segar
Dalam gowes bareng untuk olahraga sehat ini, tambah Begug Suwarman, para peserta menemukan sensasi yang luar biasa, karena dapat menikmati keindahan alam di sepanjang route yang dilewati. Yakni pemandang areal persawahan yang subur menghijau, suasana pedesaan dan perkampungan yang damai, tenteram dan nyaman serta udara yang segar.

Panitia GSS menyediakan mobil pikap yang dikemudikan oleh Adhitama, untuk mengangkut mereka yang tidak kuat sampai ke finish di Candi Prambanan. Penggowes Lasino Handoko misalnya, terpaksa naik ke mobil pikap, karena kondisi kesehatannya tidak fit.

Komunitas GSS ini tiba di Candi Prambanan Pukul 08.50. Namun mereka agak kecewa, karena objek wisata sejarah itu masih ditutup sejak terjadi pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Sebagai pengobat kecewa, Anggota GSS Haryanto, mengajak selfi bersama di luar komplek Candi Prambanan.

Selfi Bersama
Selfi bersama dilakukan dengan tetap mengarahkan sasaran pemotretan berlatar belakang candi legendaris, karya Bandung Bondosowo tersebut. Ini dimaksudkan sebagai bukti outentik bahwa rombongan GSS benar telah sampai tujuannya.

blank
Rasa lelah dihiraukan, ketika para penggowes GSS Madyorejo, Sukoharjo, berhasil mencapai finish di Candi Prambanan Yogyakarta.

Suwarno Sukeng, dari Seksi Konsumsi GSS, menyatakan, tujuan utama gowes bersama ini agar badan sehat, dan untuk refreshing di saat pandemi corona. Juga menjadi kegiatan agar sesama anggota GSS tetap guyub rukun, kompak membangun kebersamaan dalam komunitas sesama penggemar sepeda sehat.

Tujuan ke Candi Prambanan, pertimbangannya lokasinya mudah dijangkau, dan di sepanjang route banyak pemandangan alam yang indah. Kegiatan ini, sekaligus dalam rangka tujuhbelasan menyambut Dirgahayu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Ke 75 Tahun 2020.

Bambang Pur