blank
Bupati Pacitan Indartato (kiri) dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, T Andi Faliandra (kanan), menyerahkan sertifikat kepada pengelola destinasi wisata.(Foto:Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Setelah satu bulan menjalani tahap simulasi, dua objek wisata di Kabupaten Pacitan, Jatim, naik status menuju ke tahapan uji coba. Keduanya adalah Parai Beach Resort Teleng Ria dan Beji Park, yang kini mulai dibuka kembali.

Bupati Pacitan, Indartato, dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan T Andi Faliandra, telah menyerahkan sertifikat lolos tahap simulasi kepada pihak pengelola. Ini untuk menandai dua destinasi objek wisata pantai selatan itu, sekarang telah dapat memulai tahap uji coba menerima kunjungan pelancong.

Dengan demikian, objek wisata bahari Parai Teleng Ria maupun Beji Park, sekarang telah dapat menerima kunjungan wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga menerima para pelancong dari luar kota. Seperti diketahui, sejak pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, semua objek wisata di Kabupaten Pacitan ditutup.

blank
Terhitung mulai Kamis (13/8), dua objek wisata bahari di Kabupaten Pacitan, telah buka kembali menerima kunjungan pelancong. Diharapkan, akan disusul oleh sejumlah objek wisata lainnya.(Grafis:Humas Pacitan)

Mulai Bergeliat
Dengan mulai dibukanya kembali dua objek wisata tersebut, Bupati Pacitan, Indartato, berkata: ”Perkembangan ini kiranya menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan, karena perekonomian Pacitan akan mulai bergeliat.” Berkaitan ini, Bupati Pacitan, Indartato, telah melakukan kunjungan ke objek wisata Parai Teleng Ria.

Diharapkan, objek wisata lain di Kabupaten Pacitan, dapat segera menyusul untuk dapat dibuka kembali. Agar roda perekonomian di Kabupaten Pacitan, dapat mulai bergerak kembali dan pulih seperti sedia kala. Terkait ini, Bupati minta semua pihak dapat mematuhi protokol kesehatan, agar Pacitan segera terbebas dari Covid-19 (zona hijau).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan T Andi Faliandra, tahap ujicoba merupakan tindak lanjut dari tahap simulasi dalam rangkaian Adaptasi Kehidupan Baru (AKB). Hal itu menjadi prasyarat, sebelum objek wisata benar-benar beroperasi penuh di masa pandemi corona ini.

blank
Objek wisata Beiji Park di Kabupaten Pacitan, Jatim, kini telah mulai dibuka kembali untuk menerima kunjungan para wisatawan.

Protokol Kesehatan
”Walau untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi, memang berat karena merubah pola kebiasaan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, T Andi Faliandra.

Tim Humas Kabupaten Pacitan, Rizky, Luky, Arif dan Frenoto, mengabarkan, selama tahap simulasi, pihak pengelola wisata wajib menjalankan protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Bahkan, pengunjung pun tidak bisa bebas, karena juga wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ini berdampak pada menurunnya pendapatan bagi pengelola wisata.

blank
Pantai selatan di Kabupaten Pacitan, Jatim, menawarkan keindahan alam sebagai destinasi wisata yang memiliki daya pikat bagi para pelancong.(Foto:Humas Pacitan)

Sesuai laporan dari pihak pengelola, jumlah pengunjung pada tahap simulasi cukup baik. Dalam sebulan, Parai Teleng Ria menerima  6.932 kunjungan wisatawan, sedangkan Beji Park sebanyak 246 pelancong. Semuanya merupakan pelancong lokal. Ini bukti jika destinasi wisata di Kabupaten Pacitan cukup menjanjikan.

Bambang Pur