blank
Ir Razilu berkeliling meninjau dapur tempat para warga binaan memasak untuk makan rekan-rekan mereka. Foto: Taletha

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Staf Ahli Menkum HAM Ir Razilu mengunjungi Rutan Kelas 2B Purworejo untuk melakukan verifikasi menjelang penilaian dari Tim Penilaian Akhir (TPN) dari Kementerian PAN RB, Kamis (13/8).

Dikatakan Ir Razilu, sebelum tahun 2010, pelayanan birokrasi sangat mengecewakan masyarakat. Karena itulah pemerintah berupaya membangun kepercayaan masyarakat melalui reformasi birokrasi.

blank
Ka Rutan Purworejo, Lukman Agung Widodo mengalungkan bunga kepada Razilu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kemenkumham. Foto: Taletha

Kedatangan staf ahli tersebut juga didampingi oleh Bambang Setiabudi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kemenkumham dalam rangka verifikasi menjelang penilaian dari Tim Penilaian Akhir (TPN) dari Kementerian PAN RB.

“Reformasi birokrasi, salah satunya adalah dengan membangun Zona Integritas (ZI). Ada dua komponen pemgungkit yang dapat berkontribusi pada keberhasilan ZI. Pertqma adalah data dukung dokumen harus dipenuhi. Kedua, mengimplementasika  dokumen tersebut dalam kehiduoan sehari-hari supaya menjadi budaya,” kata Razilu.

blank
Para tamu dihibur oleh band warga binaan yang vokalisnya antara lain adalah Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat (paling kanan). Foto: Taletha

Zona Integritas bertujuan untuk membangun manusia berintegritas dan berkomitmen untuk tidak melakukan hal-hal keliru. Penilaian ZI dilakukan oleh Kemenpan RB,  khususnya untuk pencegahan korupsi dan menibgkatkan kualitas pelayanan publik.

“Maka dari itu, yang dinilai adalah IPK (Indeka Persepsi Korupsi) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Di Kemenkumham sebanyak 520 satker diusulkan untuk memperoleh  WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” jelas Razilu.

Usai melakukan supervisi di Rutan Kelas 2B Purworejo, Razilu dan rombongan melanjutkan kegiatan di LPKA Jawa Tengah yang ada di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.

TALETHA -trs