blank
Sebelum gladi resik, tiga WBP dilatih internal oleh petugas Rutan Klas IIB Purwodadi. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Klas IIB Purwodadi menjadi wakil dalam penerimaan remisi atau potongan masa tahanan pada upacara HUT ke 75 RI, Senin (17/8/2020) mendatang. Selama empat hari sebelum pelaksanaannya, mereka mengikuti gladi resik.

Gladi resik ini diikuti bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Grobogan, Satpol PP Kabupaten Grobogan, personel Kodim 0717/Purwodadi dan Polres Grobogan. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Setda Grobogan, Kamis (13/8/2020).

Dalam kesempatan itu, tiga WBP ini mendapat pengawalan ketat dari personel Rutan Klas IIB Purwodadi dibawah pimpinan Kasubsie Layanan Tahanan, Heri Dwi Siswanto.

blank
Meski cuaca panas, mereka tetap berlatih agar mental terbentuk dan siap di hari H. Foto: hana eswe.

“Hari ini kami mengikuti gladi resik menjelang upacara HUT ke 75 RI. Dalam upacara nanti juga akan dibacakan para tahanan yang mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan. Namun, secara simbolis nanti akan diserahterimakan Bupati Grobogan Sri Sumarni kepada tiga WBP,” jelas Heri.

Meski cuaca panas, ketiga WBP ini tetap melaksanakan pemanasan sebelum pelaksanaan gladi resik. Di bawah arahan petugas Rutan Klas IIB, Dayat, ketiganya dilatih lebih keras agar saat hari H mental mereka lebih siap.

“Kita terus latih rutin untuk ketiganya. Masih ada waktu empat hari. Perkiraannya bisa saja selesai sampai sore hari. Di dalam rutan nanti juga akan dilatih lagi. Dengan harapan, mental mereka terbentuk dan pada saat upacara bisa maksimal,” tegas Heri.

Diumumkan Tanggal 17

blank
Kasubsie Layanan Tahanan Rutan Klas IIB Purwodadi, Heri Dwi Siswanto. Foto : hana eswe

 

Meski sudah dilaksanakan gladi resik, Heri menjelaskan untuk jumlah tahanan yang akan mendapatkan remisi belum ditentukan. Hal itu baru bisa diketahui saat momentum upacara hari kemerdekaan, Senin depan.

“Kalau untuk jumlahnya belum diketahui pasti. Nanti akan diketahui saat upacara karena remisi ini diberikan dalam rangka Hari Kemerdekaan ke 75 RI. Tidak semuanya bisa dihadirkan di sini, karena saat ini masih pandemi. Pelaksanannya latihan juga tetap menggunakan protokol kesehatan, begitu juga dengan hari H-nya nanti,” tambah Heri.

Hana Eswe-Wahyu