Pemain Juventus asal Belanda Matthijs de Ligt. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Juventus mengumumkan bahwa bek tengah Matthijs de Ligt telah menjalani operasi bahu dan akan absen selama tiga bulan, demikian diumumkan melalui laman resmi klub, Rabu.

Dengan musim baru Liga Italia yang rencananya akan dimulai pada 19 September, berarti pemain internasional Belanda itu akan menepi pada dua bulan pertama liga domestik.

“Pagi ini, Matthijs de Ligt menjalani operasi stabilisasi pada bahu kanannya, di klinik UPMC Salvador Mundi di Roma,” demikian pernyataan Juve.

“Operasi itu, yang dilakukan oleh Dokter Volker Mushal, dibantu oleh dokter-dokter Bryson Lesniak dan Fabrizio Margheritini dan dihadiri oleh Kepala Departemen Medis Juventus, Luca Stefanini, berjalan dengan sukses.”

“Waktu pemulihan diperkirakan berlangsung tiga bulan.”

Pemain 21 tahun itu total mencatatkan 39 penampilan pada musim debutnya di Juve, ia hanya tampil sebagai pemain pengganti sebanyak tiga kali.

Terdapat harapan tinggi dibebankan ke bahu De Ligt setelah ia menolak tawaran dari sejumlah klub besar Eropa untuk menerima pinangan Juve, yang membelinya dengan bandrol 75 juta euro dari Ajax Amsterdam pada Juli 2019.

Pada beberapa kesempatan De Ligt mendapatkan banyak kritik di klub asal Turin tersebut, namun seiring berjalannya waktu, terutama setelah mengemas gol penentu kemenangan atas Torino, ia mampu bermain lebih lepas dan nyaman.

De Ligt turut andil membantu Juve mengunci gelar Liga Italia kesembilan mereka secara beruntun, namun perjalanan Eropa Bianconerri berakhir mengecewakan setelah mereka disingkirkan Olympique Lyon pada 16 besar Liga Champions pekan lalu.

Ant/Muha