blank
Petugas Polsek Cepu Polres Blora, berusaha memadamkan api yang membakar daun-daun kering dan beberapa dahan. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Berbagai upaya terus dilakukan Polres Blora, demi terciptnlajya situasi agar tetap aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya menjaga kelestarian hutan, dimana sebagian besar wilayah Kabupaten perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur itu kawasan hutan.

Seperti yang dilakukan Polsek Cepu Polres Blora, Senin (10/8/2020). Satu regu patroli yang dipimpin Aipda (Pol) Purnomo, patroli melakukan blusukan ke hutan negara di Kecamatan Cepu, Blora.

Dalam patroli itu, kebetulan petugas menemukan api yang membakar daun-daun (sersah) kering dan semak belukar di hutan perbatasan Kecamatan Cepu-Sambong.

Melihat api yang makin membesar dengan asap yang mengepul, petugas pun dengan sigap turun dari mobil patroli dan langsung memadamkannya.

BACA JUGA : Brigadir Suseno Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Posyandu Desa Pilang

Kapolsek Cepu, AKP Agus Budiana, mengatakan pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk patroli hutan secara intensif, baik siang dan malam.

Patroli iji bukan hanya untuk antisipasi pembalakan (pencurian)  liar kayu jati saja, namun juga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, terutama  musim kemarau seperti ini.

”Musim kemarau rawan terjadi kebakaran hutan, maka kami bersinwrgi dengan petugas dari Perhutani untuk antisipasi,” jelas mantan Kapolsek Kota Blora ini.

Menurut AKP Agus Budiana, saat di lapangan pihaknya masih saja menemukan ada warga yang membersihkan atau membuka lahan dengan cara membakar lahan hutan.

“Ini yang kami khawatirkan bisa menimbulkan kebakaran hutan yang besar. Apalagi setelah membakar ditinggalkan begitu saja, tanpa ditunggui,” beber Kapolsek Cepu.

blank
Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK memerintahkan pada seluruh Polsek di 16 kecamatan, untuk melakukan patroli hutan guna mencegah kebakaran. Foto: Hms-Resbla

Ditambahkan AKP Agus Budiana, selain rutin patroli hutan pihaknya juga meminta Bhabinkamtibmas untuk aktif turun ke wilayah desa binaan, guna memberikan imbauan kepada warga, terutama warga sekitar hutan,l agar ikut aktif dalam menjaga kelestarian hutan.

”Selain upaya pencegahan melalui patroli, kami juga ajak warga untuk aktif berperan menjaga kelestarian hutan,” tambah Kapolsek Cepu.

Sebelumnya, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, telah memerintahkan patroli hutan tidak hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Cepu saja.

Namun Kapolres Blora minta pada seluruh Polsek di 16 kecamatan aktif untuk melakukan hal serupa, sehingga tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Blora.

Wahono-Riyan