blank
Brad Binder/dok

BRNO (SUARABARU.ID) – Brad Binder, yang menunggangi KTM, membuat kejutan dengan memenangi MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Absennya juara dunia Marc Marquez seperti terobati dengan performa menawan pembalap Afrika Selatan (Afsel) berusia 24 tahun ini. Dia menyelesaikan 21 lap di depan Franco Morbidelli dan Johann Zarco.

Mulai membalap pada 2011, Binder mengasah kemampuan selama tiga musim di Red Bull MotoGP Rookies Cup sebelum hijrah ke Moto3 pada 2014. Hanya butuh dua musim, dia menjadi juara Moto3 pada 2016 bersama KTM Ajo. Selepas kampiun di Moto3, dia naik kelas ke Moto2 bersama KTM Ajo.

Di Moto2, Binder meraih prestasi terbaiknya musim lalu saat berada di peringkat kedua di bawah Alex Marquez. Namun, siapa sangka, pada MotoGP 2020, dia langsung meraih podium di seri ketiga. Tak tanggung tanggung, Brad finis di posisi pertama.

“Ini hari yang sudah saya impikan sejak lama. Saya berharap orang tua saya ada di sini karena mereka sudah mendukung saya selama ini,” ungkap Binder. “Ini semua dimulai dari hari pertama Red Bull Rookies Cup, dan sejak itu saya bekerja keras secara konsisten demi berada di sini. Anda tahu saya melewati semua kelas bersama Red Bull KTM. Kini, kami ada di puncak dan kami akhirnya bisa menang di MotoGP,” tambahnya.

Binder tanpa ragu memuji performa motor ininya. Sejak pertama mengendarainya, dia langsung terkesan. ”Tentu ada beberapa trek di mana kami lebih kesulitan dibanding rival, tapi kami sangat kuat dan punya keuntungan besar. Bisa membayar kerja keras hari ini benar-benar gila. Saya tak sabar dapat kemenangan lebih banyak,” paparnya.

Dua balapan berikutnya akan digelar di kandang KTM, Sirkuit Red Bull Ring, yakni MotoGP Austria pada 14-16 Agustus dan MotoGP Styria (21-23 Agustus). Binder dan pasukan KTM lain diharapkan bisa tampil kompetitif di trek yang sejak 2016 dikuasai Ducati ini.

rr