blank
TINJAU LOKASI - Ngabalin bersama Wakil Wali Kota Jumadi meninjau lokasi PAI Kota Tegal. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Even bergengsi Festival Jazz se-Asia Pasific akan digelar di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Even bertajuk Festival Tegal Bahari Jazz (FTBJ) menurut rencana akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2020 mendatang.

Rencana tersebut disampaikan oleh penyelenggara (EO) Festival Jazz, Hamka bersama Tenaga Ahli Utama Kantor Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin dengan Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi dan tim panitia saat survey lokasi di Obyek Wisata PAI, Minggu (9/8/2020).

Penyelenggaraan Festival Tegal Bahari Jazz di Pantai merupakan yang pertama di Indonesia. Panitia penyelenggara juga berpengalaman menggarap seperti Festival Jazz di Atas Awan di Dieng, Ijen dan Festival Jazz Prambanan.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi yang mendampingi Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, kedatangan mereka ke Kota Tegal bertujuan untuk mereview persiapan pelaksanaan FTBJ.

“Mereka mempersiapkan venuenya, bagaimana persiapannya. Ini pertama kali mereka melihat secara global,” kata Jumadi

Sementara itu, Ngabalin menyebut belum ada Festival Jazz yang pernah dilaksanakan di pantai kecuali akan dilaksanakan di Kota Tegal. “Ini kan top markotop. The best,” kata Ngabalin.

Ngabalin menyebut, daerah lain kalang kabut saat pandemi, sedangkan Pemkot Tegal mampu meyakinkan bahwa perdagangan dan ekonomi sudah tumbuh dengan baik.

“Ini salah satu kunci yang terbaik memang dari pendekatan seni, budaya, dan ekonomi kreatif. Insya Allah saya akan terus menerus datang ke Kota Tegal, bertemu Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ungkap Ngabalin.

EO FTBJ Hamka, meyakinkan, artis pendukung FTBJ yang akan diundang untuk manggung merupakan 60-100 an artis nasional. Seperti Tompi, Ermy Kulit, SoS, Indra Lesmana, Kahitna.

“Kalau yang lokal ada Deny Caknan, yang nanti lagu-lagunya kita minta buat jazz. Request dari Pak Wali ada Via Vallen,” ungkap Hamka.

Hamka mengatakan, Even FTBJ akan berlangsung tiga hari, membuat event ini unik dengan merangkum juga kegiatan UKM se-Pantura, juga kegiatan budaya Tegal yang diekpos, seperti batik yang dibuat fashion show.

Hamka juga berharap artis jazz dari luar negeri seperti Jepang dan Australia bisa datang ke Indonesia mengisi event ini. Tema yang dibawakan di FTBJ ini merupakan beach, beuty dan fashion.

Nino Moebi