MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dalam minggu ini sedikitnya empat pasien probabel Covid-19 yang dirawat di beberapa rumah sakit di  Kota Magelang meninggal dunia. Tiga pasien meninggal dua dan tiga hari lalu, seorang lagi pada hari ini (9/8).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dokter Majid Rohmawanto membenarkan, beberapa hari lalu tiga pasien probable meningal dunia. Dua warga Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, seorang lagi  domisili di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Ketiganya pasien porbabel, karena masih menunggul hasil (pemeriksaan red).

‘’Hari ini (9/8) seorang warga Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang  meninggal dunia. Dia pasien comorbid hipertensi gula dirawat di RSJ Prof dr Soerojo sejak 29 Juli. Karena pasien Covid,  maka pemakamannya sesuai prosedur Covid,’’ kata Majid Minggu (9/8).

Keputusan Menteri Kesehatan (KMK)  HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 mengatur tentang status orang yang terkait Covid-19.

Kasus probabel sebagai kasus suspek dengan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) berat atau acute respiratory distress syndrome (ARDS) atau meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan Covid-19, dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium reverse transcription-polymerase chain reaction (RT-PCR).

Dengan meninggalnya empat orang tersebut, maka jumlah warga kota dan kabupaten yang meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Magelang sebanyak 18 orang. Jumlah itu dihitung sejak awal rumah sakit di kota ini merawat pasien Covid-19.

Penulis : pro/kotamgl

Editor : Doddy Ardjono