Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih didampingi Ketua PCNU Moch Dawamudin Masdar dan anggota Dewan Miftahul Ulum memimpin rapat persiapan Hari Jadi.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hari Jadi Kebumen Ke-391 pada 21 Agustus 2020 merupakan momentum strategis untuk mengangkat nilai-nilai dan potensi daerah. Guna merespon hal tersebut DPRD Kebumen akan menganugerahkan apresiasi dalam wujud Legislatif Award.

Penghargaan akan diberikan kepada sejumlah tokoh yang dinilai memiliki kontribusi besar, khususnya dalam aspirasi dan inspirasi kepada pembangunan dan kemajuan daerah. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kebume DPRD Yuniarti Widayaningsih saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Seleksi Legislatif Award, di sebuah resto di Jalan Pahlawan, Kamis (6/8).

Guna  mewujudkan hal tersebut DPRD Kebumen membentuk Tim Seleksi Independen yang langsung dipandu oleh Pimpinan DPRD Kebumen. Berdasarkan musyawarah menyepakati  Rektor IAINU Kebumen Dr Imam Satibi MPdI sebagai Ketua Tim dan Fuad Habib dari Formasi sebagai Sekretaris.

Adapun anggota meliputi  KH Moch Dawamudin Masdar (ketua Tanfidziyah PCNU, M Abduh Hisyam (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah), Hilmi dari tokoh sejarawan, Sumarno dari Badan Kehormatan DPRD, Nur Taqwa Seyabudi (Kepala Kesbangpol), Agus dari panitia HUT RI Pemkab dan Wikan Tris Junanto Kabag di Sekwan serta Miftahul Ulum anggota DPRD Kebumen.

Rektor IAINU Kebumen Dr Imam Satibi terpilih sebagai Ketua Tim Seleksi Legislatif Award.(Foto:SB/Ist)

Berdasarkan rapat tim seleksi menyepakati beberapa kategori  Legistatif Award, baik dari unsur masyarakat maupun internal dewan. Penghargaan yang akan diberikan meliputi:

  1. Tokoh Ispirator Pemberdayaan Kemiskinan
  2. Tokoh Inspirator Pemberdayaan Inklusif untuk Difabel
  3. Tokoh Insprasi Pemberdayaan Ekonomi Kreatif untuk Generasi Milenial
  4. Tokoh Sejarawan Muda Lokal Kebumen
  5. Tokoh Aspirator Perempuan Kebumen

Adapun untuk kategori penghargaan internal meliputi;

  1. Legislator Favorit
  2. Legislator Aspiratif
  3. Legislator Perempuan Aktif
  4. Legislator Disiplin

Guna pemilihan Anggota Dewan Favorit, tim seleksi menggunakan key performance indicators (KPI) poling terbuka. Legislator Aspiratif menggunakan indikator catatan keaktifan pemberian pendapat dan opini media. Untuk Legislator Perempuan Aktif menggunakan rekam jejak keaktifan di forum dan kunjungan kerja, sedangkan untuk Legislator Disiplin menggunakan absensi dan notulensi kepatuhan pada tata tertib acara.

Menurut Imam Satibi, Legislatif Award sangat tepat diberikan pada momen Hari Jadi Kebumen. Selain itu program ini sangat relevan karena di tengah tengah pandemi Covid-19. Hura-hura sosial sangat berpotensi menjadi media transmisi virus yang berisiko pada timbulnya klaster baru terpaparnya warga Kebumen.

Selain itu, lanjut Imam, kegiatan ini dapat mendorong warga Kebumen untuk berkontribusi dalam membangun Kebumen yang lebih akademis.”Panitia akan sangat menjujung netralitas dalam pemilihan nominator,”tegas dia.

Komper Wardopo