blank
Para peserta pelatihan foto bersama.(Foto: dok)
MAGELANG (SUARABARU.ID) – Anggota DPRD Kabupaten Magelang dari Fraksi PKS, H Dalami Nur Sidiq (Gus Nur), menyampaikan pentingnya manajemen usaha wisata dan legalitas perusahaan. Sebagai anggota komisi 2 yang salah satunya membidangi pariwisata, Gus Nur menyampaikan pentingnya dua hal itu.
Kedua hal itu akan mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan, dan pengelolaan usaha pariwisata. Dia mengatakan hal itu ketika menjadi narasumber pada Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kuliner dan Belanja yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang di Hotel Atria Magelang, Kamis.
Pelatihan diikuti oleh 45 peserta dari pelaku usaha kuliner wisata dan perajin suvenir wisata. Pada pelatihan itu delapan narasumber yang dihadirkan berasal dari akademisi, industri dan praktisi pelaku usaha kepariwisataan. Kegiatan pelatihan  dipandu oleh dua pejabat eselon III Disparpora Kabupaten Magelang.
Gus Nur juga menyampaikan bahwa legalitas persekutuan komanditer (CV) maupun unit dagang (UD) merupakan modal yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha.
“Kalau sudah punya Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) berarti sudah memiliki legalitas. Mohon bagi semua peserta yang belum memiliki TDUP untuk segera mengajukan ke dinas terkait setelah pelatihan ini,” pinta Gus Nur.
Kepada dinas terkait, dia juga berharap agar pelatihan iitu berkesinambungan dan diadakan pertemuan lanjutan. Hal itu perlu dilakukan agar terjalin komunikasi antar pelaku usaha wisata dan juga komunikasi antara pelaku usaha wisata dengan pemerintah.
Eko Priyono/mm