blank
Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Budi Satrio didampingi Sekretaris Kusbiyantoro dan Dekan FEBI IAINU Kebumen Muhsinun di Kampus Jalan Tentara Pelajar memantau pengambilan swab,.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak empat belas orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen pada Kamis (6/8) dinyatakan sembuh dan meninggalkan rumah sakit. Namun ada penambahan kasus baru sebanyak lima orang terpapar corona dan harus menjalani perawatan.

Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokroaminoto dalam rilisnya mengungkapkan, di antara yang sembuh itu termasuk Bambang Sucipto (58), warga Desa Roworejo, Kebumen, yang juga kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo. Bambang sudah diizinkan meninggalkan RSUD Kebumen, namun masih menjalani karantina di rumah.

Sedangkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 5 orang. Mereka terdiri atas RAS (53), perempuan, TUR ( 46), perempuan , PMW (18), laki-laki, HEN (20) laki-laki, dan WAG (51), perempuan.

Menurut penjelasan Cokroaminoto, empat diantara kasus baru terkonfirmasi positif tersebut memiliki riwayat kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif HK, yang hari ini dinyatakan sembuh. Saat ini keempat kasus terkonfirmasi itumenjalani isolasi di RS PKU Muhammadiyah Gombong.

blank
Sebelum diambil swab, karyawan IAINU Kebumen menjalani assesment dari petugas Dinas Kesehatan Kebumen.(Fotol:SB/Ist)

Untuk kasus WAG asal Prembun, tinggal di Jakarta. Pada 29 Juli lalu WAG bersama anak dan suaminya mengunjungi ibu dan adiknya di Prembun. Pada saat berada di Prembun (01/08/ WAG berobat ke RS Prembun, dengan keluhan utama  panas dan sesak nafas. Oleh fihak RS Prembun disarankan mondok. Dua hari berikutnya berturut-turut (03-04/08) dilakukan pengambilan swab tenggorokan. Hasil pemeriksaan labnya positif.

Dengan demikian hingga saat ini pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 108 orang positif, 2 meninggal dunia, 14 orang dalam isolasi dan 92 orang telah sembuh.

9 Orang Diambil Swab

Cokroaminoto menyatakan, sesuai Peraturan Bupati Kebumen No. 29 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan covid-19 di Kabupaten Kebumen, kepada masyarakat diminta untuk menjaga jarak aman (1-2 meter) saat  berkomunikasi dengan orang lain. Jika keluar rumah, harus mengenakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan bagi para pendatang untuk lapor RT/RW setempat.

Sementara itu menyusul satu pimpinan administratif di IAINU Kebumen positif Covid -19, atas nama AH (49) yang juga istri Bambang Sucipto, sejumlah pimpinan dan karyawan kampus di Jalan Tentara Pelajar Kebumen Jumat (7/8) ini menjalani uji lab. Pengambilan swab dilakukan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan didampingi Dinas Kesehatan Kebumen. Kampus telah ditutup selama empat hari sampai Minggu (9/8).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Budi  Satrio didampingi Sekretaris Dinas Kusbiyantoro ikut hadir di IAINU Kebumen memantau swab. Jumlah yang di -swab  9 orang. KH Moh Dawamuddin Masdar (Ketua Tanfidziyah PCNU), Faisal (wakil Rektor IAINU),  Ijab Azmi, Nur Iman Hakim Al-Faqih, Samingan, Hj Rusdiana, Roihatul Mawaddah, Rini Nur Wardhani dan Zahra Mukmilah.

Komper Wardopo