blank
KH. Nuruddin Amin, S.Ag, Wakil Ketua DPRD Jepara

JEPARA,(SUARABARU.ID) – Agar tugas –tugas dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah dapat berjalan baik, efektif dan maksimal kalangan DPRD Jepara  minta kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi dan PDI Perjuangan sebagai satu-satunya partai politik  pengusung untuk segera mengajukan pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara.

Sebab kalangan dewan menilai kekosongan jabatan Wakil Bupati Jepara  yang terlampau lama dapat mengganggu  kinerja pemerintahan di daerah. “Sebaiknya kursi Wakil Bupati Jepara segera diisi untuk mengefektifkan pelayanan kepada warga masyarakat,” ujar KH. Nuruddin Amin, S.Ag, Wakil Ketua DPRD Jepara yang juga Ketua DPC PKB Jepara.

Namun karena sesuai dengan undang-undang pengisian jabatan ini dilakukan proses awalnya oleh partai pengusung yaitu PDI Perjuangan, ya sangat tergantung pada kemauan politik PDI Perjuangan,” ujar Nuruddin Amin yang akrab disapa Gus Nung.

blank
Purwanto, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jepara

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jepara, Purwanto menyoroti tidak adanya wakil bupati membuat tugas pemerintahan tidak dapat berjalan maksimal. “Contohnya dalam penanganan covid-19 yang angkanya terus naik secara signifikan sementara daerah lain di Jawa Tengah angkanya telah semakin landai dan bahkan turun,” ujar Purwanto saat dihubungi SUARABARU.ID.

Sedangkan Chairul Anwar, anggota DPRD Jepara dari PKS  menyatakan kekosongan jabatan tersebut membuat bupati tidak bisa full power konsentrasinya dalam melaksanakan tugas penting dan mendesak.

“Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini dimana Bupati memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebab menjabat juga  sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar Choirul Anwar. Saya sangat setuju jabatan wakil bupati segera diisi, tambahnya.

blank
M. Latifun, anggota DPRD Jepara dan Ketua DPD Partai Demokrat

Hal senada juga disampaikan M.  Latifun, anggota DPRD Jepara dari partai Demokrat. “Pengisian jabatan wakil bupati sangat penting agar kepemimpinan daerah ada  penyeimbang. Disamping itu wakil bupati dapat membantu tugas bupati dalam mengelola  jalannya pemerintahan di daerah,” ujar Latifun yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Jepara.

blank
H. Pratikno, Wakil Ketua DPRD Jepara dan Ketua DPD Partai Nasdem

Keinginan agar posisi wakil bupati segera diisi juga muncul dari wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno. Menurut Ketua DPD Partai Nasdem ini dengan kekosongan jabatan ini membuat banyak tugas pemerintah daerah tidak maksimal.

Sementara berdasarkan catatan SUARABARU.ID, Dian Kristiandi sejak Mei 2019 menjadi Plt Bupati Jepara. Sedangkan pelantikannya sebagai Bupati Jepara dilakukan pada tanggal 2 Juni 2020.

Hadepe – ua