blank
Produksi kain tenun di Desa Tumanggal. Foto: antara

PURBALINGGA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Purbalingga, saat ini terus berkomitmen membantu memfasilitasi pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, agar dapat makin dikenal dan diminati masyarakat.

”Pemkab Purbalingga terus berupaya memfasilitasi pemasaran produk UMKM guna menggerakkan perekonomian warga setempat,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Purbalingga, Budi Susetyo, di Purbalingga, Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan, UMKM lokal di Purbalingga memiliki banyak potensi yang dapat terus dikembangkan. ”Mulai dari kuliner hingga kain tradisional sangat potensial untuk dikembangkan dan dipasarkan, hingga tingkat Nasional atau bahkan mancanegara,” katanya.

BACA JUGA : Pendapatan Perubahan APBD 2020 Kabupaten Purbalingga Diproyeksikan Rp 1,87 Triliun

Dia mencontohkan, di Purbalingga ada kain tenun khas lokal yang diproduksi di Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan. ”Desa ini terkenal dengan benang antih dan juga kain Tenun Tumanggal yang terkenal hingga ke luar daerah,” imbuhnya.

Kendati demikian, kata dia, pandemi covid-19 telah berdampak pada penurunan produksi kain tenun khas lokal itu. Karena itu Pemkab Purbalingga melalui Dinas Koperasi dan UKM, berupaya untuk membantu pemasaran produk itu guna meningkatkan kembali jumlah produksi.

”Pemkab mendukung penuh upaya peningkatan produksi kain Tenun Tumanggal. Pemkab juga telah memberikan enam paket alat tenun, guna memudahkan para penenun,” terang dia.

Aneka Kerajinan
Selain itu, tambah dia, pihaknya juga berupaya agar Tenun Tumanggal dapat terus dikreasikan dengan berbagai produk kerajinan. ”Misalkan kami mendorong agar diciptakan aneka kerajinan berbahan dasar kain tenun lokal itu, misalnya tas, dompet, sepatu, pernak-pernik, dan juga hantaran” harap Budi.

Selain itu, pihaknya juga mengajak para perancang busana dari wilayah ini, untuk bersama-sama berkreasi membuat pakaian berbahan dasar Kain Tumanggal.

”Harapannya, dengan adanya gerakan itu maka pemasaran kain khas daerah ini akan makin luas, dan jumlah produksi akan makin meningkat,” tukas dia.

Ant-Riyan