Hexohm Semarang Gelar Sosialisasi Vape Aman Saat Pandemi
Komunitas Hexohm User Semarang menggelar kegiatan sosialisasi protokol kesehatan saat pandemi bekerjasama dengan Dinkes Semarang, Kamis (6/8/2020) malam.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pegiat hobi vape Kota Semarang yang tergabung dalam komunitas Hexohm Semarang mengadakan kegiatan sosialisasi cara vape yang aman saat masa pandemi.

 

Digelar Kamis (6/8/2020) malam di café VSS Jalan Thamrin, acara tersebut diikuti oleh sejumlah peserta dari Semarang dan luar daerah. Di antaranya dari Pekalongan, Kendal, Tegal, Solo, Kudus, Magelang, hingga Cilacap.

 

Hadir sebagai narasumber utama dalam acara tersebut adalah Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dani Miarso.

 

“Setiap hobi ada plus minusnya, seperti ngevape punya resiko karena harus membuka mulut atau berkumpul karena orang ngevape tidak sendiri. Jadi ini bagaimana caranya hobi berisiko ini tetap berlangsung tapi dengan cara yang lebih aman,” kata Dani.

 

Dani menjelaskan, disaat pandemi seperti saat ini tindakan aman yang harus dilakukan adalah seperti jaga jarak. Lalu mendisinfeksi ruangan, dan yang terpenting menjaga kebersihan device mesin vape yang digunakan.

 

Menurutnya, saat ini kecenderungan penularan pada orang yang merokok atau ngevape terbilang cukup tinggi. Hal ini lantaran kebiasaan dilakukan secara beramai-ramai (berkumpul) dan membuka masker, sehingga punya potensi risiko jika tidak dikelola dengan baik.

 

“Hal utama yang perlu diwaspadai bagi para vaper adalah pada saat ngumpul dibuat jarak aman. Kemudian menjaga kebersihan alatnya karena keluar masuk mulut sehingga punya potensi berbahaya,” katanya.

Edukasi Kesehatan

Sementara itu, Andika Fajar Kurniawan selaku Ketua Hexohm Semarang sekaligus panitia acara mengatakan, kegiatan tersebut diadakan bertujuan untuk memberikan edukasi bagi sesama vaper dan juga sosialisasi bagaimana menggelar acara yang aman disaat pandemi.

 

“Kami sudah lima bulan ini tidak kumpul sejak pandemi, sekalinya kita ngumpul gini kita sekalian bikin acara sosialisasi dengan bekerjasama dengan Dinkes Semarang. Intinya ini edukasi dan kita tetap menerapkan protokol kesehatan serta pesertanya dibatasi,” katanya.

 

Selain diisi dengan sosialisasi protokol kesehatan dari Dinkes Semarang, kegiatan yang dipandu oleh Joe William dan Debora Chen malam tersebut juga diisi dengan talkshow bareng pengurus Hexohm Indonesia serta diramaikan dengan fun game.