Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina foto di bawah hiasan lampion, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang mempercantik kawasan alun-alun dengan  memasang hiasan lampion aneka warna. Lampion yang dipasang di Jalan Alun-alun Utara itu menyala ketika malam hari.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengatakan,  keberadaan lampion menambah elok wajah Kota Magelang. Ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan hiburan di tengah pandemi Covid-19.

‘’Juga menambah semarak Kota Magelang dalam rangka menyambut HUT Ke 75 Kemerdekaan. Diharapkan masyarakat yang datang ke alun-alun tetap mentaati protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak serta jangan berkerumun,’’ katanya Rabu (5/8).

Menurutnya, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan sangat besar. Terbukti banyak yang penasaran dan menyempatkan diri untuk berfoto. Namun dia mengingatkan agar masyarakat tetap patuh pada protoko kesehatan.

Kepala Bidang Pengelolaan PJU, Pertamanan, dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Yetty Setiyaningsih menerangkan, pemasangan lampion ini untuk menambah daya tarik dan estetika kawasan alun-alun, khususnya di malam hari. Ini sekaligus menyambut hari Kemerdekaan RI.

‘’Warna lampu lampion awalnya merah, tapi bisa diganti dengan warna tertentu, seperti kuning, biru, hijau atau lainnya menyesuaikan temanya. Warna bisa berubah agar masyarakat tidak bosan menikmatinya,’’ ujarnya.

Kasi Pengelolaan PJU dan Pertamanan, Teguh Ariyanto menambahkan, adanya lampu lampion ini bisa sekaligus menjadi objek foto yang menarik. Bahkan, anak-anak muda bisa swafoto di kawasan tersebut. Hal ini dapat memperkuat karakter alun-alun sebagai pusat keramaian di Kota Sejuta Bunga.

Dia menerangkan, pengadaan lampion ini menghabiskan anggaran APBD Kota Magelang sekitar Rp 185 juta. Anggaran ini terbagi dua jenis pengadaan, yakni tiang dan lampu.

Penulis : pro/kotamgl

Editor : Doddy Ardjono