Rumah milik Agus di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Ngaringan yang ludes terbakar. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Insiden kebakaran terjadi di wilayah Kecamatan Ngaringan, Senin (3/8/2020). Sebuah rumah ludes terbakar akibat dilalap si jago merah.

Peristiwa ini terjadi di rumah milik Agus Ubaidila (39) warga Dusun Geritan, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Ngaringan sekitar pukul 15.00 WIB. Dari keterangan Camat Ngaringan, Widodo Joko
Nugroho, kejadian ini dikarenakan pemilik memanaskan sayur dengan menggunakan kompor dan ditinggalkan begitu saja.

“Pemilik memanaskan sayur, lalu mematikan kompor. Kemudian ditinggal pergi, akibatnya dapur rumah habis dilalap api,” jelas Camat Ngaringan Widodo Joko Nugroho, Senin petang.

Selesai memanaskan sayur, Agus pergi ke Kunduran, Kabupaten Blora. Saat pergi, tidak ada satu orangpun yang menjaga rumahnya.

Kejadian ini kali pertama diketahui tetangga korban, Mahbub Sumadi (55). Saat itu, ia melihat kepulan asap dari bagian dapur rumah Agus. Mahbub langsung mengajak tetangga yang lain
mengecek kondisi dapur tersebut.

Benar saja, kepulan api terus membesar. Keduanya langsung menelepon pemilik rumah untuk memberitahukan kejadian tersebut. Beberapa warga lainnya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api terus membesar.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat dilanjutkan ke Pos Damkar Wirosari. Beberapa saat kemudian, petugas damkar datang dan langsung memadamkan api dan melakukan pendinginan.

Selain menghanguskan rumah berbahan kayu berukuran 12 meter x 12 meter ini, insiden tersebut juga menghanguskan kambing milik korban. Total kerugian materil yang dialami korban senilai Rp 9 juta.

Adanya insiden ini, Joko Widodo mengimbau kepada warga agar berhati-hati. Pihaknya juga meminta supaya tetap waspada kebakaran, mengingat saat ini musim kemarau. Di samping itu,
ketersediaan air juga mulai berkurang sehingga upaya pemadaman sering terkendala atau tidak maksimal.

Hana Eswe-Wahyu