Di jalan protokol, beberapa instansi juga ikut mengibarkan umbul-umbul menyambut HUT ke 75 RI. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Mulai tanggal 1-31 Agustus 2020, Pemerintah RI meminta masyarakat untuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Grobogan.

Beberapa daerah di wilayah ini sudah terlihat euforia pemasangan bendera merah putih. Hal tersebut terlihat di Lingkungan Jalan Yos Sudarso RT 2 RW 13 Purwodadi.

Meski berada di jalur jalan raya, warga terlihat antusias memasang bendera merah putih. Bahkan, beberapa diantaranya juga memasang umbul-umbul untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 75 RI tersebut.

Dituturkan Plt Ketua RT 2 RW 13, Tyas Budi Legowo, pihaknya telah memberikan pengumuman terhadap warganya agar memasang bendera guna memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 75 RI. Pemasangan bendera dimulai sejak Sabtu (1/8/2020) kemarin. Hal itu disambut baik oleh warga setempat.

Petugas dari Bagian Umum Setda Grobogan saat memasang bendera umbul-umbul di Jalan Letjen S. Parman Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

“Sejak tanggal 1 Agustus warga sudah pasang bendera serentak. Dan itu akan dilakukan sampai tanggal 31 Agustus nanti. Warga juga akan membuat tempat bendera permanen untuk pemasangan di 22 titik pada minggu ini,” jelas Tyas, Senin (3/8/2020).

Untuk pembuatan tempat bendera permanen, warga bergotong royong. Kesibukan mereka terlihat saat melakukan pengadukan semen untuk pot bendera permanen, Minggu (2/8/2020) malam.

“Pembuatannya sudah dilakukan sejak tadi malam dan dilanjutkan pada hari ini. Semoga besok pagi selesai. Nanti akan dipasang tiang lampu penerangan sekaligus untuk umbul-umbul dan tiap bendera dan bentuknya permanen. Program kerapian dan keindahan RT,” tambahnya.

Jalan Protokol

Warga lingkungan Yos Sudarso Purwodadi menyiapkan bahan untuk pembuatan tiang bendera permanen. Foto : Hana Eswe.

Tak hanya di lingkungan perkampungan saja. Di jalan-jalan protokol seperti Jalan Letjen S. Parman juga sudah dipasangi umbul-umbul warna merah putih.

Terlihat beberapa pegawai dari Bagian Umum Setda Grobogan melakukan pemasangan umbul-umbul pada tiang bambu yang dikaitkan pada pohon.

Sementara itu, Lurah Purwodadi Hendro Sutopo mengatakan, pihaknya sudah menginformasikan kepada seluruh warga melalui tiap-tiap RW wilayah untuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih.

“Setelah mendapat edaran, langsung diperintahkan ke seluruh warga,” jelas Hendro, saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Grobogan, Mohammad Soemarsono menjelaskan, berharap dengan berperan serta memasang bendera merah putih secara serentak tanggal 1-31 Agustus 2020 dapat meningkatkan rasa cinta tanah air. Meskipun dalam suasana masih pandemi.

“Harapannya, meskipun di tengah-tengah pandemi, rasa cinta kepada tanah air dan hormat kepada para pahlawan tetap tertanam di hati masyarakat Grobogan,” jelasnya.

Hana Eswe-Wahyu