Ketua Tim PKM USM, Metta Christiana SPD MKes (kiri) memberikan edukasi kepada warga Rt 04/RW 03 Keluarahan Brumbungan, Semarang Tengah, tentang pentingnya memakai masker di saat pandemi Virus Corona.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Semarang (PKM USM) yang diketuai Metta Christiana SPd MKes melakukan Pengabdian Masyakarat di Kelurahan Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah.

Tim yang terdiri atas Metta Christiana SPd MKes (ketua), Drs Ahmad Muhaimin MPd dan Andy Nurcahyo SPd MPd (anggota) itu melakukan sosialisasi kepada warga Rt 04/RW 03 Kelurahan Brumbungan mengenai pentingnya memakai masker untuk menjaga kesehatan tubuh di saat pandemi Virus Corona.

Kegiatan dilakukan pada 18 Juli pukul 16.00-17.30 di RT 04/RW 03 Kelurahan Brumbungan.

Ketua Tim PKM USM, Metta Christiana mengatakan, tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi kepada warga RT 04/RW 03 Kelurahan Brumbungan, tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh di saat pandemi virus Corona dengan cara selalu memakai masker. Selain itu, juga menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Kami berharap, dengan sosialisasi yang kami lakukan, warga menjadi sadar akan pentingnya memakai masker di saat pandemi virus Corona saat ini,” ujar Metta.

Selama kegiatan sosialisasi, beberapa warga masih ada yang tidak memakai masker. Namun setelah mendapatkan pemahaman dari Tim PKM USM, mereka menjadi sadar akan pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

”Tadinya saya tidak tahu pentingnya memakai masker untuk menjaga tubuh dari serangan virus Corona. Sekarang, saya malah takut kalau tidak memakai masker saat keluar rumah,” kata Lusi, warga Kelurahan Brumbungan.

Ketua RT 04/RW 03 Kelurahan Brumbungan, Ernawati mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Tim PKM USM atas edukasi pentingnya memakai masker kepada warga Rt 04/RW 03 Kelurahan Brumbungan.

Menurutnya, pencerahan tentang pentingnya memakai masker di saat pandemi virus Corona saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan warga agar tidak terjangkit virus Corona.

”Warga kami banyak yang berusia di atas 50 tahun sehingga sangat rentan terkena virus Corona. Pemberian pemahaman memakai masker ini sangat bermanfaat bagi warga yang selama ini belum sadar akan pentingnya memakai masker di saat pandemi virus Corona,” ungkap Ernawati.

Riyan