Sukarelawan PMI Kebumen menyemprotkan disinfektan ke ruang sekolah guna ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kasus terkonfirmasi positif Covd-19 di Kabupaten Kebumen sampai akhir bulan Juli dan awal Agustus 2020 ini total menembus 101 orang. Sedangkan yang telah sembuh sebanyak 65 orang, masih menjalani perawatan 34 orang, dan meninggal dunia dua orang.

Data tersebut disampaikan Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokroaminoto yang disampaikan dalam rilis Jumat (3/7) malam dan up date data Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen hingga Sabtu (1/8) pagi ini.

Tiga kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut atas nama BS (58), laki-laki, DMP (24) laki-laki, dan NF (25) perempuan. Ketiga kasus terkonfirmasi positif tersebut memiliki riwayat dan merupakan kontak erat dari kasus terdahulu serta memiliki penyakit penyerta.

Pasien BS memiliki riwayat sering bolak-balik Purworejo, dirawat di RSUD dr Soediran Kebumen. Pasien NFDC memiliki riwayat kontak erat terkonfirmas Covid-19 dan sudah menjalani isolasi, sedang DMP juga memiliki riwayat kontak erat terkonfirmasi Covid-19, dirawat di RSUD Dr Soedirman Kebumen.

Di sisi lain, ada kabar menggembirakan karena pada Jumat(31/7) pasien positif Covid-19 di Kebumen yang dinyatakan sembuh bertambah 9 orang. Mereka atas nama LLA (19), laki-laki, IN (23), perempuan, TW (59) laki-laki, AN (54) laki-laki, PH (33), perempuan, IR (43), perempuan, BS (39) laki-laki, GB (34) perempuan  dan SOL (42), perempuan.

Menurut penjelasan Cokroaminoto, hingga saat ini upaya-upaya yang akan, sedang dan telah dilaksanakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen di antaranya melanjutkan penerapan kebijakan dan tata laksana penanganan Covid-19 hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

Kemudian melakukan berbagai pendekatan dan sosialisasi ke masyarakat, termasuk melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI dan Polri. Gugus Tugas Kabupaten Kebumen juga menyusun berbagai kebijakan anggaran untuk mengantisipasi dan menangani Covid-19, baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun Kabupaten.

Sedangkan kegiatan Rumah Sakit Darurat Kebumen setiap hari menunggu hasil lab. Gugus Tugas  juga melakukan penerimaan dan penyaluran bantuan logistik dan sembako melibatkan organisasi kemasyarakatan.

Adapun  Tim Pendisiplinan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 telah mulai melaksanakan tugas. Tim ini di tingkat kabupaten terdiri dari tiga kelompok yaitu untuk wilayah timur, tengah dan wilayah barat. Tim  pendisiplinan terdiri dari unsur TNI, Polri Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan BPBD.

Komper Wardopo