Penyembelihan hewan kurban ditangani oleh panita di area khusus. Selain personel panitia dilarang memasuki tempat penyembelihan.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Falah Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, dilaksanakan Sabtu (1/8) atau sehari setelah salah Idu Adha 1441 H. Selain panitia dilarang memasuki area penyembelihan.

Semua personel panitia penyembelihan hewan kurban, wajib menjalani pengecekan suhu badan memakai thermogun. Juga wajib cuci tangan memakai cairan antiseptik hand sanitizer. Ini dilakukan dalam upaya mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

Panitia diketuai oleh Drs H Murwat, beranggotakan sebanyak 50 orang. Semua mengenakan pakaian seragam. Jumlah hewan kurban sebanyak 35 ekor kambing dan satu ekor sapi. Hanya panitia dan para muqorib yang diperbolehkan memasuki ke lokasi penyembelihan.

”Anak-anak dan lansia, tidak boleh memasuki area penyembelihan hewan kurban,” tutur Murwat.  Panitia berupaya untuk memisahkan setiap tahapan proses penyembelihan, pengulitan, pengirisan daging dan penimbangannya,” jelas Murwat lagi.

Panitia penyembelihan hewan kurban di Kampung Madyorejo, Sukoharjo, mengenakan seragam kaos. Bagi yang tidak mengenakan seragam, dilarang memasuki area penyembelihan.

Spanduk Larangan
Pada pintu masuk area penyembelihan, ditempatkan seorang petugas untuk melakukan pengecekan suhu badan dengan thermogun. Juga dipasang spanduk larangan masuk area selain petugas dan panitia wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tokoh masyarakat setempat, Begug Suwarman, menambahkan, daging kurban dikemas plastik warna putih, dan dibagikan kepada warga Kampung Madyorejo sebanyak 140 KK, serta 28 paket lainnya untuk warga di luar kampung. Selain itu, juga didistribusikan kepada pemohon.

Yakni ke Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Hikmah Sidorejo, Sukoharjo, ke Ponpes Jajar Laweyan Surakarta, dan ke Yayasan Madinah di Gumpang, Kartosuro, Sukoharjo. Sedangkan kepala dan kulit sapi, diserahkan ke Ponpes Ulul Akbar di Tulakan, Polokarto, Sukoharjo.

Penyembelihan hewan kurban di Kampung madyorejo, Sukoharjo, ditangani juru sembelih berpengalaman.

Anggota Panitia, Tri Minarno, menambahkan, hewan kurban kambing dibagikan ke Masjid At Taqwa Dukuh Sukoharjo, RT1/RW 5 Sidorejo, Sukoharjo, ke Masjid Nurul Huda Sukoharjo,  ke Yayasan Sosial Baity Makmur Weru Sukoharjo, dan ke Masjid Al Iman Bulu Sukoharjo.

Untuk pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H,. Jumat (31/7), dikaksanakan di Masjid Al-Falah Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Dihadiri warga  RT setempat bersama jamaah tetap Masjid Al Falah. Menampilkan Imam dan Khotib Ustada Luthfi Al Bahri Al Hafidz dari Baitul Hikmah Sukoharjo.

Bambang Pur